Pak Tjahjo, Disini Teridikasi Praktek Jual Beli Jabaten, Tolong Copot Plt Gubernur Ya.. – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Pak Tjahjo, Disini Teridikasi Praktek Jual Beli Jabaten, Tolong Copot Plt Gubernur Ya..

FAJAR.CO.ID, BANTEN- Pelantikan pejabat Aparatur Sipil Negara  (ASN) di lingkungan pemerintah Provinsi Banten masih menjadi kontroversi. Diduga proses penempatan pejabat terindikasi adanya praktik jual beli jabatan.
Warga yang tergabung dalam koalisi anti kolusi dan nepotisme jabatan pun mendesak Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mencopot Nata Irawan dari jabatan Plt Gubernur Banten.

Warga Banten yang juga aktivis Koalisi Anti Kolusi dan Nepotisme Jabatan, Poppi mensinyalir praktik jual beli dan transaksional dalam proses pelantikan eselon II, III dan IV di lingkungan pemerintah Provinsi Banten sangat kental.

Praktik itu disebut-sebut dikoordinir figur tertentu dalam penempatan sejumlah Aparat Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemprov Banten dengan sejumlah kompensasi.

Hal senada disampaikan Ketua Solidaritas Merah Putih  (Solmet) Banten Kamaludin. Menurutnya, kejadian di Klaten yang saat ini kasusnya ditangani KPK, diduga kuat terjadi di Banten.

Sementara itu, Plt Gubernur Banten Nata Irawan menilai informasi terkait adanya jual beli jabatan dalam proses penempatan pejabat di organisasi perangkat daerah (OPD) adalah fitnah.

Menurutnya, tidak ada ruang tawar menawar dalam proses penempatan pejabat. Sebab dalam penempatannya sudah sesuai  dengan kompetensi dan kinerjanya, dan sudah melalui proses penyeleksian seusai kapasitas, loyalitas, integritas, dalam memimpin SKPD.

Wakil Ketua KPK Alexander Marwata saat berkunjung ke Banten akhir Januari 2017 lalu sudah mengingatkan Banten juga masuk dalam pengawasan KPK. Terutama terkait  praktek jual beli jabatan ASN.

Pergantian pejabat ASN oleh Plt Gubernur Banten pada 2017 ini mencapai 1372 orang, terdiri dari 44 ASN eselon 2, dan 662 ASN eselon 3,664 ASN eselon 4, serta 2 pejabat fungsional. [rml/fajar/ian]

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top