BAHAYA, Hanya Sebulan, 1 Kg Sabu Beredar – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Kriminal

BAHAYA, Hanya Sebulan, 1 Kg Sabu Beredar

ilustrasi

FAJAr.CO.ID, BALIKPAPAN – Peredaran narkoba di Kaltim dan Kaltara kian memprihatinkan. Selama sebulan saja, periode Januari 2017, total sekitar 1 kg narkoba jenis sabu disita oleh jajaran kepolisian di Kaltim dan Kaltara.

“Rata-rata pengecer,” ujar Kabid Humas Polda Kaltim Kombes Pol Ade Yaya Suryana bersama Direktur Narkoba Kombes Pol Atang Heradi. Selain pengecer, kurir ada pula bandar. Ade menuturkan, sabu diduga kuat berasal dari Malaysia. Karena selain dekat dengan Kaltara, juga pertimbangan kualitas barang.

Itu berdasarkan hasil pemeriksaan tersangka dan penyelidikan anggota di lapangan. Pengungkapan narkoba. Dia tak memungkiri, akibat narkoba, semakin banyak yang ketergantungan. “Selain itu, banyak pula menambah pemasukan menjadi pengecer,” sebutnya.

Di Balikpapan, pengungkapan kasus narkoba sebanyak 238 kasus pada 2015, kemudian 2016 ada 361 kasus. Dari jumlah kasus tahun lalu tadi, ada 438 tersangka, 32 di antaranya perempuan. Selain sabu 1,9 kg, ada ganja 1,3 kg, ekstasi 321 butir, dan dobel L 22.057 butir. “Anggota polres dan polsek, sepekan wajib ungkap narkoba 2-3 kasus,” imbuh Kapolres Balikpapan AKBP Jeffri Dian Juniarta.

Berdasar analisisnya, selain ketergantungan karena narkoba, faktor pelemahan ekonomi menjadi pengaruh. Imbas dari banyaknya pemutusan hubungan kerja (PHK) perusahaan tambang dan lainnya.

Karena banyak tak punya pekerjaan, bandar memanfaatkannya. Mereka menjaring kemudian dibekali pekerjaan sebagai pengantar barang atau pengecer. Kota Minyak merupakan kota jasa dan pintu masuk. Mulai udara, darat dan laut. Narkoba masuk bisa dari mana saja. Jadi tak hanya dari Malaysia melalui Kalimantan Utara (Kaltara), melainkan dari Surabaya pernah terungkap. (aim/rsh/k18)

Click to comment
To Top