Ini Fakta-fakta Tersembunyi Dibalik Hari Valentine – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Hiburan

Ini Fakta-fakta Tersembunyi Dibalik Hari Valentine

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Hari Valentine diartikan sebagai hari kasih sayang oleh sebagian orang. Tidak hanya dirayakan oleh bangsa asing, Valentine kini dirayakan pula oleh sebagian warga Indonesia.

Lalu apa itu Valentine? Yang merayakannya belum tentu tahu atau memahami dari hari kasih sayang tersebut.

Lebih jelasnya, berikut fakta tersembunyi tentang hari Valentine.

Valentine di era Romawi kuno

Pada tahun 498 sebelum masehi tepatnya di era kejayaan Romawi kuno, tanggal 14 februari sudah menjadi hari perayaan yang spesial. Di mulai sebagai hari Santo sebagai penghormatan terhadap salah satu tokoh Roma yang dikenal sebagai pejuang cinta.

Dulu, pada perayaannya, Valentine dirayakan dengan menggelar prosesi keagamaan dengan paganisme. Seiring berjalannya waktu, perayaannya bergeser sebagai perayaan hari kasih sayang.

Bukan cokelat atau bunga, Valentine dirayakan dengan bertukar koin

Perayaan Valentine sangat identik dengan kado, bunga mawar, cokelat atau apapun yang bisa mewakilkan perasaan cinta. Tapi, di abad 18 di Inggris, mereka justru merayakan Valentine dengan bertukar koin.

Orang pertama yang ditemui di Hari Valentine ialah jodoh

Kepercayaan ini melekat pada abad pertengahan, yaitu meyakini orang pertama yang kita temui di hari Valentine ialah jodoh kita. Ini hanya berlaku bagi mereka yang belum memiliki pasangan.

Tradisi tulis nama

Dahulu wanita Eropa yang bingung dalam memilih pasangan hidup, di Hari Valentine, mereka menuliskan beberapa nama pria di dalam kertas lalu dibungkus dengan tanah liat. Bungkusan tersebut lalu dibenamkan dalam air, nama yang pertama kali mengapung dalam air, itulah yang diyakini sebagai jodohnya.

Menanam bawang

Lain lagi tradisi di Jerman. Pada abad ke 17, wanita Jerman punya tradisi unik dalam merayakan Valentine. Mereka menanam bawang dalam pot dan menuliskan nama beberapa pria. Nama yang paling dekat dengan buah pertama bawang diyakini sebagai jodohnya.

Richard Cadbury, orang yang pertama kali memberi cokelat di hari Valentine

Richard Cadbury adalah orang pertama memperkenalkan coklat sebagai kado Valentine pada tahun 1868, dan kado itu ia berikan untuk istrinya Elizabeth. Richard sendiri tercatat adalah anak kedua John Cadbury yang merupakan pendiri Cadbury’s Cocoa and Chocolate Company.

Charles of Orlenas orang pertama yang mengirim surat cinta di Hari Valentine

Dalam sejarah Valentine tercatat orang yang pertama kali mengirim surat di hari Valentine adalah Charles of Orlenas. Dia mengirim surat kepada istrinya tercinta dari penjara Tower of London pasca pertempuran Agincourt. (Fajar/pojoksatu)

Click to comment
To Top