KY Minta Masyarakat Dilibatkan dalam Seleksi Calon Ketua MA – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

KY Minta Masyarakat Dilibatkan dalam Seleksi Calon Ketua MA

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Wakil Ketua Komisi Yudisial (KY) Sukma Violetta berharap peran masyarakat turut dilibatkan dalam penelusuran rekam jejak para calon ketua Mahkamah Agung (MA). Sukma pun‎ meminta hakim agung tidak tutup mata dengan sejumlah masalah di lembaga‎nya.

‎”Kami sih berharap kalau ada merupakan suatu bagian dari proses seleksi begitu, dilakukan juga penelusuran rekam jejak. Jadi ada infomasi-informasi yang akhirnya menjadikan pemilih yang berhak untuk memilih yakin bahwa calon yang dipilihnya adalah calon yang terbaik untuk lembaga Mahkamah,” kata Sukma saat ditemui di gedung KPK, Jakarta, Senin (13/2).

Menurut Sukma, masyarakat telah melihat kinerja MA di bawah kepemimpinan Hatta Ali selama lima tahun ini. Oleh karena itu, sudah seharusnya MA bisa memperbaiki diri. Selain itu, dia berharap pergantian ketua MA tidak menjadikan peradilan di Indonesia semakin terpuruk.

‎”Kan selama tahun kemarin publik sendiri sudah melihat seperti apa yang terjadi di Mahkamah Agung, mungkin itu menjadi pertimbangan juga bagi para hakim agung yang memilih siapa calon yang akan dipilih menjadi ketua MA,” kata Sukma yang juga didapuk sebagai Ketua Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi (MKMK).

Seperti diketahui, masa jabatan Hatta Ali sebagai metua MA telah habis. MA akan melakukan pemilihan pada 14 Februari 2017 mendatang.

Tata cara pemilihan ketua MA diatur dalam Surat Keputusan Ketua MA Nomor 19/KMA/SK/II/2012 tentang Tata Tertib Pemilihan Ketua MA. Dalam tatib dinyatakan bahwa Ketua MA dipilih dari dan oleh Hakim Agung.Pemilihan Ketua MA dinyatakan sah apabila dihadiri paling sedikit 2/3 dari jumlah hakim Agung. Sementara Hakim Agung saat ini berjumlah 48. (Fajar/jpg)

Click to comment
To Top