Hatta Ali Kembali Pimpin MA, Ini Harapan KPK – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Hatta Ali Kembali Pimpin MA, Ini Harapan KPK

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Pemilihan Ketua Mahkamah Agung (MA) baru saja selesai, Selasa (14/2). Dalam pemilihan tersebut, Hatta Ali kembali terpilih sebagai Ketua Mahkamah Agung periode 2017-2022 dengan mengantongi suara lebih dari separuh jumlah hakim MA.

Setidaknya ada 47 hakim agung berhak memilih satu orang hakim agung untuk dicalonkan sebagai ketua MA. Hatta Ali memperoleh dukungan terbanyak, yakni 38 suara, disusul Andi Samsan Nganro dengan tujuh suara serta Suhadi dan Mukti Arto masing-masing satu suara.

Jika mengacu pada Pasal 7 a sampai h Surat Keputusan MA Nomor 12/KMA/SK/I/2017 tentang Tata Tertib Pemilihan Ketua MA, jika ada satu nama yang telah memperoleh suara lebih dari 50 persen jumlah hakim agung yang hadir, orang tersebut ditetapkan sebagai ketua MA.

Menanggapi terpilihnya kembali Hatta Ali, Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) La Ode Muhammad Syarif mengucapkan selamat. Dalam pesan WhatsApp yang diterima awak media, KPK menaruh harapan terhadap ketua MA terpilih itu.

“Selamat atas terpilihnya kembali pak Hatta Ali sebagai ketua MA. Beliau diharapkan lebih memantapkan reformasi di MA,” jelas komisioner KPK asal Sulawesi Tenggara ini.

Formasi yang dimaksud La Ode Syarif diantaranya, tentang hal-hal mengenai case management system ke semua pengadilan. Selain itu juga tentang penegakan kode etik yang tegas. Serta sistem mutasi dan promosi yang transparan dan akuntabel

“Terakhir mengenai peningkatan profesional hakim, panitra dan pegawai pengadilan,” harapnya. (Hrm/Fajar)

Click to comment
To Top