Ini Dia Bus Baru yang Siap Beroperasi di Jabodetabek – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Ini Dia Bus Baru yang Siap Beroperasi di Jabodetabek

FAJAR.CO.ID, JAKARTA- Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi akan meresmikan peluncuran Bus Jabodetabek Residence (JR) Connexion, yang digagas Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) di ITC Mangga Dua Jakarta pada Selasa (14/2) besok.

Ini merupakan upaya pemerintah untuk mengurai kemacetan lalu lintas di daerah penyangga menuju kawasan Ibukota.

Budi mengatakan, armada bus ini akan menjadi angkutan pemukiman, khususnya bagi warga yang tinggal di wilayah Bekasi, Depok, Bogor dan Tangerang.

“BPTJ lakukan riset, di mana masyarakat berharap adanya angkutan umum yang nyaman langsung ke tempat tujuan, sehingga mereka beralih dari kendaraan pribadi ke moda angkutan umum,” kata Budi di kantor Kementerian Perhubungan Jakarta, Senin (13/2).

Selama ini, kata Budi ‘share’ angkutan umum dan kendaraan pribadi hanya 14 persen.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) lewat BPTJ menargetkan agar keinginan publik untuk naik kendaraan umum bisa lebih tinggi. Dengan begitu, angka kemacetan bisa jauh berkurang.

Bus JR Connexion nantinya akan berangkat dari pemukiman seperti Grandwisata (Bekasi), Bintaro Jaya (Bintaro), Bumi Serpong Damai (Serpong), Zam-zam Park (Bogor) dan Kota Wisata (Cibubiur).

Bus ini hanya akan berhenti di pusat kota Jakarta. Misal, di FX Senayan, Blok M, dan kawasan Sudirman.(chi/jpnn)

Click to comment
To Top