Polisi Tetapkan Teman Ustad Bachtiar Nasir Sebagai Tersangka – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Hukum

Polisi Tetapkan Teman Ustad Bachtiar Nasir Sebagai Tersangka

ilustrasi

FAJAR.CO.ID, JAKARTA- Setelah sekian waktu bergulir, perkara pencucian uang di Yayasan Keadilan Untuk Semua atau Justice For All kini sudah ada tersangkanya. Adapun yang dijadikan tersangka adalah IA yang merupakan pihak bank.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigjen Rikwanto menerangkan bahwa penyidik Bareskrim Polri baru saja memberikan kabar bahwa IA telah menjadi tersangka. “IA iya, dia rekannya BN (Bachtiar Nasir). Dari pihak BN,” kata dia melalui sambungan telepon, Senin (13/2).

Rikwanto juga memastikan bahwa IA bukanlah pihak yayasan atau pihak Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Majelis Ulama Indonesia. “Bukan yayasan, bukan GNPF, iya (pihak bank),” tambah dia.

Menurut mantan Kapolres Klaten ini, IA berperan mencairkan dana di yayasan yang menampung uang untuk aksi bela Islam. Di mana dana terkumpul ketika itu mencapai Rp 3 miliar.

“Dia itu disuruh cairkan dana oleh BN,” terang Rikwanto. Namun saat ditanya, mengapa Bachtiar Nasir tidak ditetapkan tersangka, menurut dia, itu soal nanti, karena sekarang penyidik masih fokus pemeriksaan.

Rikwanto yang juga mantan Kabid Humas Polda Metro Jaya ini menambahkan, IA dijerat dengan Pasal Tindak Pidana Pencucian Uang dan undang-undang yayasan. “Pasal TPPU sama Undang-undang yayasan,” tukas dia. (elf/JPG)

Click to comment
To Top