Agus Tumbang di Putaran Pertama, SBY Merapat ke Anies-Sandi? – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Pilkada

Agus Tumbang di Putaran Pertama, SBY Merapat ke Anies-Sandi?

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Pasangan Agus Yudhoyono dan Sylviana Murni harus rela tersingkir dari Pilkada DKI Jakarta karena berada di urutan paling buncit hasil hitung cepat Jaringan Suara Indonesia (JSI), Rabu (15/2). Sementara pasangan nomor urut satu Basuki Tjahaja Purnama dan Djarot Saiful Hidayat memimpin hasil hitung cepat dengan perolehan 41,5 persen.

Peneliti JSI Andi Nugroho menganalisa, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) bisa jadi sebagai figur penentu kemenangan dua pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta putaran kedua. Menurut Andi, jika dianalisa dari pergerakan kondisi politik terakhir, suara dari pengusung AHY-Sylvi akan beralih ke paslon Anies-Sandi.

“Kalau SBY pribadi bisa jadi lari ke pasangan nomor urut 3. Tapi dinamika politik juga bisa berubah tiap saat,” kata Andi di Hotel JS Luwansa, Jakarta.

Kendati demikian, kata Andi, peluang peralihan suara ke Ahok-Djarot juga bisa terbuka. Hal itu mengingat sejumlah partai politik pengusung AHY-Sylvi mayoritas adalah partai pendukung pemerintah. “Kedua kandidat tersebut di putaran satu pun ketat juga,” kata dia.

Manajer Riset JSI Rudi Riswandi menambahkan, dari survei yang dilakukan JSI sebelumnya, tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja petahana sangat tinggi. Apresiasi masyarakat ini dapat menjadi modal pasangan Basuki-Djarot dalam menghadapi putaran kedua terutama dalam menggaet pemilih terutama pemilih rasional.

Namun, Rudi mengingatkan, tak sedikit masyarakat yang tidak menginginkan pasangan ini kembali menjabat. “Tingkat kepuasan ke Ahok cukup tinggi. Ini jadi salah satu modal utama. Ini untuk pemilih-pemilih rasional, tapi tingkat menginginkan kembali Ahok jadi gubernur tidak besar,” kata Rudi. (Fajar/jpg)

Click to comment
To Top