Cek Hasil Pilgub DKI Jakarta Versi KPU Disini… – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Pilkada

Cek Hasil Pilgub DKI Jakarta Versi KPU Disini…

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Hasil hitung cepat Pilkada DKI Jakarta 2017 selesai. Pilkada DKI Jakarta dipastikan berlangsung dua putaran.

Namun, masyarakat dapat tahu hasil real count Pilkada DKI Jakarta melalui laman Sistem Informasi Penghitungan Suara (Situng) KPU di https://pilkada2017.kpu.go.id/hasil/t1/dki_jakarta.

Real count KPU untuk Pilkada ini dilakukan dengan menggunakan data formulir C1 hasil pemungutan suara di setiap tempat pemungutan suara (TPS). KPU DKI Jakarta mulai memindai formulir C1.

Menurut Ketua KPU DKI Jakarta Sumarno, pemindaian dipusatkan di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, mulai Rabu (15/2/2017) sore.

“Kami lakukan scan C1 yang sertifikat hasil penghitungan suara dan akan ada entri data,” katanya.

Dijelaskan juga, KPU DKI menyiapkan 160 operator untuk melakukan itu dan itu akan ditampilkan di layar perkembangan tiap-tiap TPS.

Setelah dipindai, formulir C1 itu akan diunggah ke Situng. Setelah data hasil pemungutan suara diunggah petugas operator, masyarakat bisa mengetahui hasilnya.

Sumarno mengatakan, hasil penghitungan suara melalui Situng diperkirakan selesai dalam waktu dua hari. Meski begitu, hasil real count tersebut bukan merupakan hasil resmi dari KPU DKI.

Dijadwalkan, rekapitulasi di tingkat kecamatan dimulai 16-22 Februari 2017. Sedangkan rekapitulasi di tingkat kota akan dilakukan pada 22-25 Februari dan rekapitulasi di tingkat provinsi pada 25-27 Februari 2017.

KPU DKI baru melakukan penetapan hasil pada 4 Maret. Selama waktu itu, KPU DKI juga menunggu apakah ada gugatan terhadap hasil pilkada kita ke Mahkamah Konstitusi. (Fajar/ps)

To Top