Innalillah, Tiga Penderita HIV/AIDS Meninggal Dunia – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Daerah

Innalillah, Tiga Penderita HIV/AIDS Meninggal Dunia

FAJAR.CO.ID, PPU – Tahun ini sejak Januari hingga Februari, tercatat tiga penderita HIV/AIDS di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kaltim, meninggal dunia. Bulan lalu, warga Kecamatan Penajam berusia 34 tahun dan warga Kecamatan Sepaku yang berusia 49 tahun, meninggal akibat virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh itu.

“Yang terakhir, umurnya sekitar 50 tahun. Meninggal pada 7 Februari. Jadi, masih ada 45 orang (pengidap HIV/AIDS) yang terdeteksi,” kata anggota Pengelola Program HIV/AIDS Dinas Kesehatan (Diskes) PPU Sarjito Ponco Waluyo dikutip dari kaltim Post (Jawa Pos Group), Rabu (15/2).

Pengidap yang baru meninggal dunia diduga bekerja sebagai sopir truk di perkebunan kelapa sawit di Kelurahan Sotek, Kecamatan Penajam. Dia merupakan pendatang dari Pulau Jawa yang bekerja di PPU sejak 2014.

Diduga dia terinfeksi HIV/AIDS setelah berada di PPU imbas berhubungan seksual. “Dia punya tiga anak. Anak pertama dan kedua bersama istrinya di Pulau Jawa. Dia di sini sama anaknya yang bungsu, umur tujuh tahun. Anaknya negatif,” imbuh Ponco.

Sebelum meninggal, pengidap HIV/AIDS itu didiagnosis menderita penyakit Tuberkulosis (TB). Dia sempat dirawat di Rumah Sakit Kanudjoso Djatiwibiwo (RSKD) Balikpapan pada 16 hingga 20 Januari.

Setelah itu, dia dipulangkan ke PPU. Namun, daya tahan tubuhnya terus memburuk sehingga dirawat di RSUD PPU. “Meninggalnya di RSUD PPU,” terangnya.

Menurut Ponco, korban berada pada kategori masyarakat kurang mampu. “Sudah stadium akhir. Perkiraan mengidap HIV/AIDS sejak 2015,” kata dia. (Fajar/JPG)

Click to comment
To Top