Ketokohan SBY Tak Mampu Menangkan Agus-Sylvi – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Pilkada

Ketokohan SBY Tak Mampu Menangkan Agus-Sylvi

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Hasil quick count yang buruk menerpa calon gubernur-wakil gubernur DKI Jakarta Agus Harimurti Yudhoyono dan Sylviana Murni. Pasalnya, dari data hitung cepat yang terkumpul, suara mereka di Pilgub DKI tertinggal jauh dari dua pasangan lainnya.

Direktir Eksekutif Lembaga Analisis Politik Indonesia, Maksimus Ramses Lalongkoe mengatakan, tiga partai pengusung Agus dan Sylvi, yakni PPP, PKB dan PAN kemungkinan akan pergi meningalkan mereka, dan memilih mendukung pasangan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Saiful Hidayat.

“Analisis politik saya menunjukan Ahok masih unggul. Dasar pertimbangannya ada kemungkinan besar sejumlah parpol pendukung Agus berpontensi mendukung Ahok,” ujar Ramses kepada JawaPos.com, Rabu (15/2).

Menurut Ramses, PDIP akan memanfaatkan kekalahan Agus-Sylvi ini dengan merayu para partai pendukungnya. Sehingga bisa memberikan dukungan ke Ahok-Djarot. “Artinya melalui komunikasi-komunikasi pokitik tim Megawati dengan sejumlah partai pendukung Agus,” katanya.

Selain itu menurut pengamat politik Universitas Mercu Buana (UMB) ini, dengan suara Agus-Sylvi berada di paling buncit. Membuktikan bahwa masyarakat tidak lagi melihat figur ketokohan dari Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). “Menyedihkan perolehan suara Agus itu artinya ketokohan SBY tidak mampu mendongkrak suara Agus,” pungkasnya. (Fajar/JPG)

Click to comment
To Top