Komputer Tak Cukup, Sekolah Pinjam ke Orang Tua Siswa untuk UNBK – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Daerah

Komputer Tak Cukup, Sekolah Pinjam ke Orang Tua Siswa untuk UNBK

FAJAR.CO.ID, BONTANG – Tidak semua SMP di Kota Bontang akan menyelenggarakan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) tahun ini. Penyebabnya karena belum memiliki fasilitas yang dibutuhkan untuk menunjang penyelenggaraan. Bahkan yang akan melaksanakan pun masih terkendala perangkat.

Di SMP 5 Bontang misalnya. Sekolah yang memiliki 225 peserta UNBK, hanya memiliki 60 unit komputer yang siap digunakan pada Mei. Meski begitu, Kepala SMP 5 Bontang Sri Karsini mengatakan, siap untuk melaksanakan UNBK yang rencananya digelar pada 2, 3, 4, dan 8 Mei.

Dia menyebut telah menyiapkan tiga ruangan. Namun, keterbatasan komputer menjadi kendala tersendiri. Meski begitu, dia optimistis UNBK berjalan maksimal.

“Ini penyelenggaraan UNBK yang kedua di sekolah kami. Kendalanya masih sama, jumlah komputer yang masih jauh dari peserta ujian. Kami putuskan meminjam kepada orang tua siswa yang bersedia meminjamkan laptop untuk digunakan saat UNBK,” ujarnya.

Namun, diakui Sri Karsini, tahun ini agak sulit meminjam laptop orang tua siswa. Tidak seperti tahun sebelumnya, antusiasme orang tua cukup tinggi. “Kami juga mengatasi dengan menggelar ujian dalam tiga sesi ujian,” imbuhnya.

“Siswa mulai kami biasakan dengan sistem, agar tidak kaget dan terbiasa dengan komputer. Simulasi UNBK beberapa kali kami lakukan,” paparnya.

Namun, Sri Karsini menceritakan, penggunaan internet di sekolah yang dia pimpin itu cukup menyedot dana. Setidaknya, setiap bulannya mesti menyiapkan dana Rp 8 juta. (Fajar/JPG)

Click to comment
To Top