Walah, Bukannya Dapat Pasangan, Ratusan Jomblo Ini Malah Kena Tipu Miliaran Rupiah di Hari Valentine – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Internasional

Walah, Bukannya Dapat Pasangan, Ratusan Jomblo Ini Malah Kena Tipu Miliaran Rupiah di Hari Valentine

FAJAR.CO.ID – SAKIT! Inilah yang dirasakan para jomblo di Malaysia dan Singapura jelang perayaan Valentine, kemarin.

Bagaimana tidak, niat hati mengejar cinta di situs-situs kencan online maupun media sosial berujung penipuan.

Bukannya mendapatkan kekasih, mereka malah rugi materi. Sekira 27 pelaku penipuan yang menyalahgunakan perasaan jomblo di kedua negara telah ditangkap. Mereka mengeruk keuntungan dari 108 orang yang tengah mencari pasangan.

Penangkapan para pelaku tersebut merupakan hasil kerja sama antara Kepolisian Kerajaan Malaysia, Departemen Investigasi Kejahatan Komersial (CCID), Pasukan Kepolisian Singapura (SPF), dan Departemen Urusan Komersial (CAD) Singapura.
Operasi gabungan itu dilakukan sejak 6–8 Februari lalu. Kerugian yang menimpa para korban mencapai RM 21,6 juta atau setara dengan Rp64,8 miliar.

Pelaku mencari korban di media sosial dan situs-situs kencan online. Ketika ada yang mulai terjerat, mereka beraksi. Salah satunya, berpura-pura mengirimkan hadiah untuk korban.

Namun, beberapa hari kemudian, mereka mengaku hadiahnya ditahan pihak bea cukai. Korban diminta mentransfer uang. Begitu uang ditransfer, pelaku menghilang seperti ditelan bumi.

Kejadian serupa terjadi di Australia setiap tahun. Karena itu, kemarin pemerintah Australia mengimbau penduduknya agar berhati-hati. Tahun lalu ada 4.100 penduduk Australia yang menghubungi layanan Scamwatch milik Komisi Konsumen dan Persaingan Australia (ACCC). Mereka melaporkan penipuan yang berkedok asmara dan kencan.

Kerugian yang tercatat karena penipuan tersebut selama 2016 mencapai AUD 25 juta atau setara dengan Rp255, 5 miliar. Jumlah itu adalah kerugian terbesar untuk penipuan jenis apa pun di Australia. Mayoritas korban berusia 45 tahun ke atas. (Fajar/jpg)

To Top