Ini Kata KPUD DKI Jakarta Soal Pilgub Putaran Kedua – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Pilkada

Ini Kata KPUD DKI Jakarta Soal Pilgub Putaran Kedua

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Putaran kedua Pilkada DKI Jakarta memang belum bisa dipastikan terjadi. Namun, berdasarkan hitungan cepat (quick count) beberapa lembaga survei, banyak pihak yang mengklaim hasilnya tak akan beda jauh dari kesimpulan Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI.

Jika benar demikian, putaran kedua pilkada ibu kota tidak bisa terelakkan. Penyelenggaraan putaran kedua ini harus mengikuti tata laksana sebagaimana diatur dalam Pasal 10 dan Pasal 11 UU Nomor 29 Tahun 2007.

Komisioner KPU DKI, Betty Epsilon Idroos menerangkan, putaran kedua masih menunggu hasil resmi rekapitulasi suara di tiap-tiap tempat pemungutan suara (TPS) melalui penghitungan secara manual.

“Putaran kedua menunggu hasil resmi. Kalau misalnya hasil resmi menyatakan tidak ada satu pun paslon yang lebih dari 50 persen, baru kita putaran kedua. Kalau tidak ada sengketa di Mahkamah Konstitusi (MK), (maka putaran kedua dilaksanakan) tanggal 19 April 2017,” kata Betty saat dikonfirmasi, Kamis (16/2).

Kendati demikian, Betty mengungkapkan, saat ini KPU DKI sudah siap apabila berlanjut ke putaran kedua. Pihaknya sudah menyiapkan anggaran dan segala kebutuhan yang terkait dengan penyelenggaraan putaran kedua tersebut.

“Insya Allah sudah siap (semua). (Salah satunya) anggaran. Kita anggarkan untuk dua putaran tinggal eksekusi, kalau ada putusan MK menyatakan bahwa paslon tidak ada yang lebih dari 50 persen dan tidak bersengketa, maka kita lanjut putatan kedua,” tuturnya.

“Yang ikut putaran kedua adalah paslon yang memperoleh suara terbanyak pertama dan terbanyak kedua,” tutupnya. (Fajar/JPG)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top