Ini Sikap PAN di Putaran Kedua Pilgub DKI – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Jabodetabek

Ini Sikap PAN di Putaran Kedua Pilgub DKI

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Meski belum ada pengumuman resmi dari pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta soal hasil Pilgub DKI Jakarta, pasangan calon yang diusung oleh Partai Amanat Nasional (PAN) Agus Yudhoyono-Sylviana Murni sudah nyatakan kalah di putaran pertama.

Kini PAN sudah mengambil ancang-ancang untuk mengalihkan dukungan. Politikus PAN Yandri Susanto mengisyaratkan partainya akan berkoalisi mendukung pasangan Anies-Sandi di putaran dua.

“PAN ke nomor tiga (paslon Anies-Sandi),” kata Yandri Susanto saat dihubungi, Rabu (12/2) malam.

Sebelum pilkada digelar, PAN sudah menentukan sikap tidak akan mendukung calon petahana, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Alasannya, partai berlambang matahari putih ini ingin memberi alternatif pemimpin bagi warga Jakarta.

Karena itu, lanjutnya, sewajarnya PAN memilih merapat ke Anies-Sandi ketimbang Ahok-Djarot. “Dari sisi karakter dan lain-lain, nggak cocok dengan Ahok,” ujar Yandri yang juga sekretaris Fraksi PAN di DPR ini.

PAN akan mengatur pertemuan dengan tim Anies-Sandi yang didukung oleh Partai Gerindra dan PKS. Hal tersebut akan meresmikan suara PAN ke Gerindra. “Saya yakin dalam waktu dekat, ketua umum PAN akan ketemu dengan Anies Sandi,” ujar Yandri.

Selain itu Yandri yakin partai koalisi yang mendukung Agus-Sylvi akan mengalihkan suara ke Anies-Sandi. Hal tersebut telah dibicarakan secara informal oleh partai pendukung Agus-Sylvi.

“Secara informal kan begitu, siapapun yang masuk pada putaran kedua akan saling dukung. PAN sudah pasti ke Anies-Sandi,” kata Yandri.

“Insyaallah (partai pendukung Agus) bisa ke Anies Sandi semua. Tapi konfirmasi ke partai lain. Tapi, yang lebih realistis kan ke Anies-Sandi,” tukasnya. (Fajar/jpnn)

Click to comment
To Top