Mengerikan! Ini Dampak Terlalu Sering Bersihkan Telinga dengan Cotton Bud – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Kesehatan

Mengerikan! Ini Dampak Terlalu Sering Bersihkan Telinga dengan Cotton Bud

FAJAR.CO.ID – Banyak orang sering salah dalam membersihkan telinga. Saat telinga gatal, jangan sampai membersihkan menggunakan jari. Terlalu sering menggunakan gulungan kapas atau “Cotton Bud” juga akan berdampak buruk.

Banyak ahli kesehatan dan spesialis telinga setuju bahwa menggunakan batang korek api, jari, dan cotton bud untuk membersihkan telinga bisa berdampak buruk. Salah satunya bisa menyebabkan cedera ringan dalam telinga.

Sebaiknya kebiasaan ini harus segera dihentikan. Ada enam fakta mengapa cotton bud bisa berdampak buruk bagi telinga seperti dilansir Boldsky, Kamis (16/2).

Fakta 1 

Kotoran telinga justru mengandung sifat anti-bakteri. Fungsinya untuk mencegah beberapa jenis infeksi. Jika kotoran ini dibersihkan terlalu sering, justru buruk bagi telinga.

Fakta 2

Kotoran telinga juga merupakan penolak serangga yang mungkin masuk ke dalam telinga.

Fakta 3

Kotoran telinga menjaga saluran telinga agar tetap dilumasi. Jika tidak, daerah telinga menjadi kering dan juga dapat berubah gatal.

Fakta 4

Terlalu sering menggunakan cotton bud bisa membahayakan gendang telinga karena bisa pecah. Dalam beberapa kasus juga menyebabkan gangguan pendengaran.

Fakta 5 

Faktanya telinga tahu cara menghapus lilin atau kotoran dengan sendirinya. Gerakan otot rutin di wajah membantu telinga untuk memindahkan kotoran lilin keluar. Misalnya saat menguap atau berbicara atau menggerakkan otot-otot wajah.

Fakta 6 

Jika terus membersihkan telinga dengan cotton bud dapat menyakiti bagian sensitif di dalam telinga dan juga dapat menyebabkan infeksi. (Fajar/JPG)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top