8 Jenis Makanan Ini Bisa Cegah Resiko Serangan Jantung dan Stroke – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Kesehatan

8 Jenis Makanan Ini Bisa Cegah Resiko Serangan Jantung dan Stroke

FAJAR.CO.ID – Serangan jantung dan stroke adalah salah satu penyakit berat yang bisa mengancam nyawa penderitanya.

Ada baiknya Anda mencegah penyakit dari ada harus mengobati, salah satunya dengan mengonsumsi makanan di bawah ini, seperti dilansir laman Cheat Sheet, Kamis (16/2).

  1. Tomat

Berbagai ahli kesehatan telah menyebut pentingnya lycopene yang terkandung dalam tomat .

Menurut sebuah studi tahun 2012 yang melibatkan lebih dari 1.000 laki-laki, orang-orang dengan tingkat tertinggi likopen dalam sistem mereka akibat mengonsumsi produk tomat, memiliki penurunan risiko stroke sebesar 55 persen.

  1. Biji-bijian

Biji-bijian kaya akan nutrisi penting, terutama serat. The American Stroke Association merekomendasikan makan banyak biji-bijian kaya serat untuk membantu menurunkan kadar kolesterol Anda, yang mengurangi risiko stroke. Coba barley, beras merah, farro atau gandum.

  1. Kacang

Kita semua tahu protein penting untuk membangun otot, membantu pemulihan dan membuat Anda tetap kenyang.

Jika Anda benar-benar ingin memangkas peluang Anda untuk mengalami stroke, sumber nabati seperti kacang-kacangan, lentil dan kacang polong adalah pilihan yang lebih baik.

Penelitian yang dipublikasikan dalam American Journal of Hypertension, yang melibatkan 554 peserta menemukan bahwa konsumsi kacang-kacangan secara signifikan menurunkan tekanan darah.

4.Telur

Menurut meta-analisis terbaru, makan satu telur per hari bisa mengurangi risiko stroke sebesar 12 persen.

  1. Anggur merah

Harvard Health Publications menyarankan mengonsumsi red wine per hari untuk melihat manfaat mereka dalam menurunkan resiko stroke.

  1. Citrus

Satu studi tahun 2012 meneliti hubungan antara stroke dan konsumsi antioksidan yang dikenal sebagai flavonoid. Hasil penelitian menunjukkan, mereka yang mengonsumsi tingkat tinggi jenis tertentu dari flavanoid, terutama melalui buah dan jus jeruk memiliki risiko lebih rendah terkena stroke.

  1. Sayuran hijau

Satu review menyoroti pentingnya makan buah-buahan dan sayuran sebagai cara untuk mengurangi risiko penyakit kardiovaskular yang mengkhususkan pada sayuran hijau.

  1. Pisang

Pisang kaya akan kalium dan menurut sebuah studi tahun 2014, konsumsi kalium tinggi bisa mengurangi risiko stroke. (Fajar/jpnn)

Click to comment
To Top