Ini Kata Wiranto soal Kasus Siti Aisyah – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Ini Kata Wiranto soal Kasus Siti Aisyah

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Terkait adanya dugaan WNI asal Serang, Banten bernama Siti Aisyah menjadi pembunuh Kim Jong-nam, kakak seayah pimpinan Korea Utara Kim Jong-un, pemerintah tidak melakukan intervensi apapun. Malah menghormati proses hukum yang menjerat WNI tersebut.

Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto mengaku, pihaknya sudah memerintahkan Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) untuk menangani masalah tersebut. Serta melakukan investigasi secara detail mengenai kasus WNI itu.

“Tapi intinya bahwa Kemenlu mendapatkan misi untuk menyelesaikan masalah itu,” ujar Wiranto di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Jumat (17/2).

Mantan Panglima Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (ABRI) itu menambahkan, pemerintah tidak akan melakukan intervensi mengenai masalah tersebut. Pemerintah menghormati hukum yang dilakukan oleh Malaysia. “Indonesia selalu menghormati hukum ya. Hukum di negara itu merupakan satu acuan yang tidak bisa kita ganggu gugat,” katanya.

Sebelumnya, Kim Jong-nam dikabarkan tewas dalam perjalanan dari Bandara Internasional Kuala Lumpur saat menuju rumah sakit.
Kejadian itu pada saat Jong-nam sedang menunggu penerbangan ke Makau. Dia tiba-tiba disergap dari belakang oleh seorang wanita, dan satu orang lagi yang diduga Siti Aisyah menyemprotkan cairan ke wajah Jong-nam.

Kematian Jong-nam yang akhirnya diketahui publik sebagai kakak seayah Kim Jong-un setelah disebarluaskan oleh pemerintah Malaysia pada Selasa, 14 Februari 2017.

Rekaman CCTV bandara yang beredar luas di sejumlah media Malaysia memperlihatkan, dua perempuan yang diduga menjadi pelaku pembunuhan terlihat keluar bandara dan pergi menggunakan taksi. (Fajar/JPG)

To Top