Pantau Pilkada, Wagub Deddy Klaim Warga Kampung Lebih Antusias – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Daerah

Pantau Pilkada, Wagub Deddy Klaim Warga Kampung Lebih Antusias

FAJAR.CO.ID, BANDUNG – Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar mengakui antusias warga perkampungan lebih tinggi mengikuti pencoblosan, ketimbang warga di wilayah komplek perumahan.

Hal ini diungkapkan saat melakukan pantauan. Meski proses pemilihan Pilkada serentak 2017 sudah selesai, tapi aroma Pilkada disejumlah daerah masih terasa.

Di mana partisipasi masyarakat di daerah komplek perumahan kurang dari 60 persen, sementara masyarakat perkampungan dinilai lebih antusias dengan partisipasi sekitar 80 persen.

“Saya lihat daerah perumahan malah partisipasinya tidak terlalu tinggi, tapi di desa 80 persen an partisipasi masyarakatnya, saya kira berbeda karakter desa di Bekasi dengan di Kabupaten lainnya, karena masalah geografi, saya kira di sini bagus partisipasinya,” ungkap Deddy disela tinjauannya.

Dia menduga hal itu terjadi lantaran warga perumahan lebih antusias untuk berlibur dibanding datang ke TPS untuk mencoblos. “Jadi berbeda warga perumahan mungkin pada piknik kalau libur, tapi masyarakat desa di Bekasi lebih antusias dalam menyambut Pilkada,” katanya.

Untuk itu, sosialisasi dan pendidikan politik bagi masyarakat perlu lebih ditingkatkan lagi demi menarik partisipasi masyarakat pada Pilkada selanjutnya

Aktor senior ini juga mengajak masyarakat untuk ikut aktif mengawal proses pemilihan, supaya tidak ada keraguan pada setiap proses Pilkada. Dan apa pun hasilnya nanti, warga harus menerima dengan legowo. “Apalagi yang tidak menerima yang tidak ikut nyoblos kan, sudah tidak berpartisipasi tidak terima, kacau,” tutur dia.

Secara keseluruhan Deddy menilai pelaksanaan Pilkada serentak di Kabupaten Bekasi berjalan tertib dan tidak ada masalah. (Fajar/jpnn)

Click to comment
To Top