Kok Bisa Nama Anies Baswedan – Sandiaga Uno Muncul di Soal Uji Coba Unas SMP – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Daerah

Kok Bisa Nama Anies Baswedan – Sandiaga Uno Muncul di Soal Uji Coba Unas SMP

FAJAR.CO.ID, MAGELANG – Entah disengaja atau tidak oleh pembuat soal, nama salah satu pasangan calon (paslon) Gubernur-Wakil Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dan Sandiaga Uno muncul dalam naskah soal uji coba ujian nasional (unas) tahun pelajaran 2016/2017 untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia. Soal untuk pelajar tingkat SMP di Kota Magelang itu sudah beredar, Senin 6 Maret 2017.

Secara berurutan, kedua nama itu termuat dalam soal nomor 4 dan 5. Siswa diminta mencermati uraian yang menjabarkan ketokohan mereka. Soal nomor 4 tentang Anies, siswa diminta mencari pernyataan yang tidak sesuai dengan teks. Sedangkan nomor 5 tentang Sandi, siswa diminta menjawab keistimewaan tokoh pada kutipan biografinya.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Magelang Taufik Nurbakin membenarkan kejadian itu. Ia mengaku kaget, karena baru mengetahui temuan itu pada Jumat (17/3). Di sisi lain, ia mengaku, setiap paket, memang terdapat soal yang isinya tokohtokoh.

“Paket pertama, ada Ali Alatas dan Asma Nadia. Tapi paket kedua ini, kenapa bisa Anies Baswedan dan Sandiaga Uno yang muncul,” katanya dengan rasa heran, sebelum menggelar rapat bersama jajarannya, kemarin.

Ia masih mendalami temuan soal yang dibuat para guru yang tergabung dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Indonesia se-Kota Magelang.  Toh ia menyadari, pengawasan soal tersebut memang tidak sampai ke pihaknya.

“Tapi bukan berarti kami lepas tanggung jawab,” tandasnya. Dijelaskannya, untuk soal ulangan harian atau beragam soal uji coba, verifikasinya cukup sampai Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS). Atau cukup ke pengawas saja. “Tidak usah ke kami,” tambahnya.

Namun setelah mendengar kabar yang lebih dulu heboh di jejaring sosial, ia langsung mengumpulkan pengawas sekolah, MKKS, serta penyusun naskah soal ujian pada sore harinya. Hingga malam hari, kejadian itu dibahas dan dihadiri Sekda Kota Magelang, Sugiharto. “Kami minta klarifikasi dari pembuat soal,” tegasnya.

Klarifikasi ini penting, guna mengetahui adakah unsur kesengajaan atau tidak. Lalu, lanjut dia, dari sisi akademis apakah perlu soal tersebut dicantumkan. Atas kejadian ini, pihaknya akan lebih jeli dalam pengawasan.

Diketahui, soal tersebut viral di berbagai media sosial setelah pemilik akun twitter @vannioktav mengunggah untuk pertama kalinya pada Selasa, (14/3) lalu. Foto tersebut ditautkan ke @ ganjarpranowo yang merupakan akun pribadi Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Ganjar memberikan respon balik dengan mempertanyakan kebenaran soal itu. (Fajar/JPG)

Click to comment
To Top