Ini Harga Sabu Kualitas Wahid yang Bakal Edar di Lombok – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Kriminal

Ini Harga Sabu Kualitas Wahid yang Bakal Edar di Lombok

FAJAR.CO.ID SURABAYA – Upaya Baso Armatoa P, 37, menyelundupkan sabu-sabu seberat 115 gram dengan penerbangan ke Lombok tidak hanya pupus.

Calon penumpang penerbangan domestik JT 642 pada Jumat (17/3) pukul 17.02 dari terminal utara (T1) Bandara Juanda menuju Bandara Lombok Praya, NTB itu harus siap-siap nginep di penjara.

Baso diketahui membawa serbuk terlarang ketika menolak mengeluarkan barang dari sakunya saat melewati walk trought metal detector (WTMD-gawang detektor metal).

Saat dilakukan pemeriksaan di ruang pemeriksaan badan, akhirnya petugas mendapati pria berumur 35 itu menyembunyikan satu bungkusan warna hitam di saku kiri celana.

Warga Kampung Sruni, Lombok Timur itu tidak bisa mengelak ketika petugas aviation security Angkasa Pura (Avsec AP) 1 Juanda menduga bungkusan tersebut berisi sabu-sabu.

Selanjutnya terduga beserta barang bukti dibawa ke Posko Keamanan AP 1 Juanda dan Satuan Tugas Pengamanan Pangkalan Udara TNI AL (Satgaspam Lanudal) Juanda untuk proses lebih lanjut.

”Pada saat diperiksa di body search terduga sempat menawarkan (suap) Rp 12,5 juta agar dibebaskan. Anggota Avsec kami spontan menolaknya,” ungkap Asisten Manajer Legal dan Komunikasi AP 1 Juanda Anom Fitranggono.

Untuk pengembangan lebih lanjut, jajarannya melimpahkan Baso dan barang bukti sabu seberat 115 gram ke BNNP Jatim.

Kepala Bidang Pemberantasan BNNP Jatim AKBP Wisnu Candra mengatakan, sabu yang disembunyikan Baso merupakan jenis kualitas super.

”Sabu ini tergolong kualitas terbaik. Warnanya bening dan tidak pecah,” terang Wisnu.

Sabu jenis ini, lanjut Wisnu, harganya mahal di pasaran. Per gramnya, dapat mencapai Rp 1,5 juta.

Dengan harga termasuk mahal, efek yang ditimbulkan jelas lebih dahsyat. Menghisapnya sedikit saja sudah membawa efek nge-fly penggunanya.

”Kalau yang jenis ini satu gramnya dapat digunakan lima orang sekaligus,” imbuh Wisnu.

BNNP Jatim saat ini terus melakukan pendalaman terhadap kasus tersebut. Mereka tengah memburu pemasok barang haram itu.

Selain sabu punya Baso, BNNP Jatim juga mengungkap dua kasus lain. Kasus pertama berupa barang bukti sabu 584 gram dari satu kelompok terdiri lima tersangka.

Antara lain, HA, 20; A, 39; AW, 45; ST, 37; dan TI , 29. Satu kasus lagi dari tangan NT. Warga Ringinsari, Banyuwangi itu diamankan saat kedapatan menyimpan daun ganja 671 gram .

To Top