6 WNI Culik Istri Pengusaha Malaysia, Jumlah Tebusannya Wow… – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Kriminal

6 WNI Culik Istri Pengusaha Malaysia, Jumlah Tebusannya Wow…

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Tim Bareskrim Polri membantu Kepolisian Diraja Malaysia dalam mengungkap kasus penculikan di Negeri Jiran. Sebanyak enam orang warga negara Indonesia ditangkap karena membantu aksi penculikan dan penyekapan WN Malaysia bernama Ling-ling di Batam.

Kadiv Humas Polri Irjen Boy Rafli Amar menerangkan, mulanya kejadian ini adalah aksi penculikan pada 21 Februari lalu di Johor. Di mana ada lima orang yang menculik Ling-ling dan diserahkan kepada enam orang di Batam.

“Tersangka penyekapan berinisial P, S, A, V, D, dan H. Mereka ini warga Indonesia yang membantu pelaku di Malaysia,” kata Boy di Divhumas Polri, Senin (20/3).

Ling-ling, kata dia, disekap di kawasan terpencil Tamiyang, Batuaji, Batam. Boy menerangkan, pada 14 Maret mereka diberi kabar bahwa adanya penyekapan dilakukan enam orang ini.

“Selang lima hari kemudian, atau hampir sebulan dari penculikan, kami akhirnya bisa ungkap para pelaku. Semuanya tak berkutik saat kami sergap,” bebernya.

Di lokasi, kata dia, Ling-ling ditemukan masih dalam keadaan hidup. Sementara enam pelaku langsung menjalani pemeriksaan atas keterlibatannya di penyekapan dan penculikan ini.

Ling-ling saat ini telah dikembalikan ke Malaysia untuk penyidikan oleh kepolisian di sana. Sementara dari keterangan pelaku diketahui bahwa Ling-ling disekap dan disuruh menelepon suaminya di Malaysia untuk menyerahkan uang tebusan. Pelaku meminta suami Ling menyerahkan uang 5 juta dolar Singapura.

“Kalau dirupiahkan itu mencapai Rp 50 miliar, tapi ada penurunan uang tebusan hasil dari negosiasi antara pelaku dan suami korban,” sambung dia.

Boy juga berkata bahwa korban adalah istri dari pengusaha ternama di Johor, Malaysia. Atas hal itulah pelaku memilih menculik Ling.

Sementara untuk otak pelaku komplotan ini yakni Wak Lan adalah warga Malaysia. Dan sampai sekarang Wak Lan masih dalam perburuan.”Enam orang pelaku rekrutan Wak LaN,” pungkasnya. (Fajar/JPG)

Click to comment
To Top