Kritik Rencana Jokowi, Fadli Zon: Pindahkan Ibu Kota Tidak Sederhana… – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Kritik Rencana Jokowi, Fadli Zon: Pindahkan Ibu Kota Tidak Sederhana…

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Pemindahan ibu kota negara dari Jakarta ke Palangkaraya dianggap tidak tepat dilakukan saat ini. Pasalnya, situasi ekonomi dan politik Indonesia dalam kondisi yang tidak memungkinkan.

Sejatinya, gagasan pemindahan ibu kota ke Palangkaraya menurut Wakil Ketua DPR Fadli Zon merupakan ide yang bagus. “Gagasan bagus dalam keadaan normal, dalam keadaan ekonomi kita baik, pertumbuhan kita baik, pemerataan kita baik, dan kita cukup banyak uang untuk membangun,” sindirnya di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (20/3).

Kata dia, memindahkan ibu kota butuh dana yang sangat besar. Mungkin, ratusan triliun untuk memulainya saja. “Memindahkan ibu kota tidak sederhana,” ujar Fadli.

Karena itu, dia meminta agar pemerintah mengkaji ulang jika ingin merealisasikannya dalam wakru dekat. “Untuk bayar bunga utang saja, kita nggak bisa. Jangan bayar utang, bunga utang saja kita kesulitan, masa mau membangun lagi infrastruktur untuk memindahkan ibu kota,” sebut politikus Partai Gerindra itu.

Fadli mengatakan, butuh waktu panjang untuk memindahkan sebuah ibu kota negara. Bahkan persiapannya saja tidak cukup 2-3 tahun. “Jangan tiba saat, tiba akal,” singgungnya.

Lantas kapan waktu yang tepat untuk memindahkan ibu kota negara ke Palangkaraya? “Kalau kita sudah punya cukup duit banyak. Sekarang kita nggak punya duit kok, kita ngutang kemana-mana. Utang luar negeri kita dua kali lipat dari tujuh tahun lalu,” pungkas Fadli. (Fajar/JPG)

Click to comment
To Top