Menkes: Persiapkan 1.000 Hari Kehidupan Bayi dengan Gizi Cukup – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Menkes: Persiapkan 1.000 Hari Kehidupan Bayi dengan Gizi Cukup

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Menteri Kesehatan RI Prof Nila F Moeloek mengingatkan bagi ibu-ibu hamil agar memperhatikan dan mempersiapkan 1.000 hari kehidupan bayi agar terhindar dari kelainan bawaan bayi yang bisa menyebabkan kecacatan sampai kematian.

“Saat hamil pelihara dengan baik. Persiapkan dengan nutrisi dan gizi yang baik agar terbentuk otak dan saraf yang nantinya melahirkan anak mempunyai IQ yang tinggi,” kata Menkes Nila saat memberikan arahan dalam seminar kelainan bawaan, Selasa 21 Maret 2017 di Ruang Siwabessy, Gedung Kemenkes, Jakarta.

Dengan mempersiapkan kehamilan sampai melahirkan, lanjut Nila sebagai salah satu nawacita Presiden Jokowi untuk menciptakan generasi bangsa yang handal.

Menurut Menkes, kelainan bawaan pada anak disebabkan beberapa faktor, seperti genetik. “Sehingga sangat perlu dilakukan pemeriksaan dini sebelum menikah, dan deteksi dini pada bayi lahir agar bisa dlakukan intervensi melalui terapis,” tutur Menkes.

Dibagian hulu, ada juga faktor lingkungan. Seperti paparan bahan berbahaya merkuri dan pestisida yang banyak masuk kedalam tubuh melalui perantara makanan.

Sebelumnya pada sesi panel diskusi diseminar kelainan bawaan, pakar gizi komunitas dr Tan Shot Yen menjelaskan, pemenuhan gizi dan nutrisi pada ibu hamil dapat menurunkan risiko anak lahir dengan kelainan bawaan. Karena itu, pemenuhan gizi dan nutrisi harus menjadi prioritas dan kebutuhan, bukan sekadar saran.

“Makan sehat di Indonesia ini masih dianggap belum penting. Ibu hamil makan yang dia doyan, bukan yang dia butuh. Jadinya makannya makanan instan, junk food, bukan omega-3, asam folat, atau iodin yang sebenarnya ia butuhkan,” ujarnya. (idr/Fajar)

Click to comment
To Top