Optimistis Target Lumbung Pangan Dunia 2045 Terwujud – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ekonomi & Bisnis

Optimistis Target Lumbung Pangan Dunia 2045 Terwujud

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Mampu swasembada beras di tahun 2016, yang terakhir kali dicapai 32 tahun sebelumnya, muncul harapan untuk mandiri dan berdaulat pangan bagi bangsa Indonesia. Sesuai roadmap permerintah, dimana target Indonesia menjadi lumbung pangan dunia tahun 2045, semakin terlihat nyata.

Pemerintah terus mengupayakan keberpihakan kepada petani.  Harapannya petani semakin sejahtera, sejalan dengan tema yang diangkat pada Rapat Pimpinan Nasional Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) yakni “HKTI bangkit, petani maju” di Balai Kartini, Jakarta, Senin, 10 April. Acara ini dihadiri Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, Menteri Hukum dan HAM Yasona Laoly, Plt Gubernur DKI Jakarta Sony Sumarsono.

Amran yang hadir mewakili Presiden Joko Widodo, memberikan paparannya dalam acara tersebut. Dia membeberkan bagaimana peningkatan dan pengupayaan di bidang pertanian di eranya. Bagaimana peningkatan padi dari 70,8 juta ton di tahun 2014 menjadi 79,1 juta ton di tahun 2016. Bagaimana terjadi peningkatan sepuluh dari sebelas komoditas strategis mulai dari padi, jagung, bawang merah, termasuk cabai. Hal ini tidak lepas dari dukungan daerah (dinas pertanian).

Prev1 of 3
Halaman

To Top