WADUH! Beredar Kabar, Bakso Disini Pakai Daging Babi, Warga Tambah Resah – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Daerah

WADUH! Beredar Kabar, Bakso Disini Pakai Daging Babi, Warga Tambah Resah

ilustrasi

FAJAR.CO.ID, SAMPIT – Belakangan ini, warga yang tinggal di Kota Sampit, mendadak heboh. Sebuah warung penjual bakso di Jalan MT Haryono, disebut-sebut mencampuri pentol dengan daging (haram). Indikasinya semakin menguat, seiring warung yang setiap sore hingga malam hari buka, mendadak ditutup pemiliknya.

“Warung itu sudah dua hari tutup, katanya pentol bakso yang dijual dicampuri daging lain,” ungkap Erwin seorang warga yang mendengar isu warung tersebut tutup kepada Kalteng Pos, Kamis (20/4).

Menanggapi soal kekhawatiran masyarakat itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kotim, dr Faisal Novendra Cahyanto tidak mau banyak komentar. Namun, pihaknya juga telah menelusurinya.

“Sampelnya (pentol) sudah kita ambil, dan diuji ke Lab BPOM. Saya tidak berani mengatakan apakah pentol bakso itu mengandung babi apa tidak. Yang jelas tunggu hasil pemeriksaannya dulu,” tandasnya.

Terpisah, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Drs Mujiono mengatakan, pihaknya tidak pernah memberikan instruksi untuk melakukan penutupan warung tersebut.

“Sebelum hasilnya belum keluar, Pemkab Kotim tidak berani melakukan penutupan warung tersebut. Lain halnya kalau hasil uji di Lab BPOM positif,” tandasnya.

Ketika Kalteng Pos berusaha mengonfirmasi kepada pemilik warung tersebut, selain warungnya tutup, hingga kini sang empunya belum bisa dihubungi.

Menanggapi itu, Wakil Bupati Kotim HM Taufik Mukri SH MM mengaku, isu tersebut memang benar. Akan tetapi kebenaran terhadap apa yang dituduhkan, sampelnya sudah diambil oleh Dinas Kesehatan bekerja sama Dinas Perdagangan untuk diuji/periksa di Lab BPOM.

“Isu itu belum tentu benar. Saat ini Pemkab Kotim masih menunggu hasil uji Lab BPOM yang sampelnya sudah dikirim,” kata Taufik.(tim/c3)

To Top