Pecah Kongsi, Jaminan Pilkada di Sulsel Bakal Sengit – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Pilkada

Pecah Kongsi, Jaminan Pilkada di Sulsel Bakal Sengit

ILUSTRASI

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2018 diikuti 12 kabupaten/kota di Sulawesi Selatan. Dari jumlah itu, tujuh di antaranya berstatus pecah kongsi, di mana bupati dan wakil bupatinya tidak akur lagi.

Hanya Kabupaten Bone yang bupati dan wakil bupatinya tetap akur. Bupati Bone, Andi Fashar M Padjalangi, kemungkinan besar akan tetap berduet dengan H Ambo Dalle pada Pilkada tahun depan.

Sementara, incumbent di Enrekang, Parepare, Palopo, Jeneponto, dan Sinjai hampir dipastikan akan mencari pasangan baru. Kota Makasar juga diprediksi seperti itu: pecah kongsi antara wali kota, Mohammad Ramdhan “Danny” Pomanto, dengan wakil wali kota, Syamsu Rizal.

Deng Ical–sapaan akrab Syamsu Rizal–mengaku sudah sangat siap merebut posisi kosong satu. “Kesiapan saya maju bertarung sebagai kosong satu, tapi sekali lagi, sebagai orang politik harus mengerti kondisi-kondisi bagaimana keadaannya, dan terutama sekali bagaimana keinginan masyarakat serta keputusan partai,” bebernya.

Aroma rivalitas di daerah yang pecah kongsi pun kian kentara. Di Kota Parepare misalnya. Pecah kongsi antara Taufan Pawe dengan FAS sejatinya sudah lama terendus. Wakil Wali Kota Parepare, Faisal Andi Sapada (FAS), telah menyatakan diri untuk maju dalam Piwalkot Parepare tahun 2018 menantang sang incumbent, Taufan Pawe (TP).

Manuver politik FAS ini bahkan sudah direspons Taufan Pawe dengan serius. “Sesuai survei Celebes Research Centre (CRC) dengan capaian 99 persen tingkat popularitasnya. Ini menyebutkan kata kunci bakal calon wakil saya, yaitu nyaman. Artinya, wakil baru yang mampu membuat nyaman dalam bekerja,” ujar Taufan.

Rivalitas keduanyapun semakin nyata setelah masing-masing terpilih menjadi ketua partai di Kota Parepare. FAS merupakan Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai NasDem, sementara Taufan Pawe adalah Ketua DPD II Partai Golkar .

Prev1 of 3
Halaman

To Top