Tentara Hebat, Lumpuhkan Dua Penjahat Sekaligus Seorang Diri – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Daerah

Tentara Hebat, Lumpuhkan Dua Penjahat Sekaligus Seorang Diri

TEREKAM CCTV – Aksi Serka Suparjo mencegat dua pria yang nyolong di toko bahan bangunannya terekam kamera pengintai di depan toko. Foto-foto Serka Suparjo for Radar Banjarmasin

FAJAR.CO.ID, BANJARBARU – Syamsudin Abdullah (56) dan Yusran (42) harus lebih jeli melihat mangsanya. Toko yang dimalingnya ternyata milik Anggota TNI yang bertugas di Rindam VI/Mulawarman. Seorang diri, Serka Suparjo (43) melumpuhkan kedua penjahat kelas teri tersebut.

“Syamsudin coba melawan, tapi saya tonjok dua kali di wajah sampai jatuh. Cukup dua kali, kasihan juga karena orangnya sudah tua,” kata Suparjo, kemarin (18/5) kepada Radar Banjarmasin.

Ceritanya, pada Rabu (17/5) sekitar jam 12 siang, Syamsudin dan Yusran masuk ke toko bahan bangunan milik Suparjo di Jalan Garuda Landasan Ulin. Syamsudin pura-pura memilih cat kaleng, sementara Yusran menimang-nimang keramik.

Keduanya rupanya sedang mengincar ponsel milik karyawan toko yang berada di bagian paling bawah rak cat. Pemilik ponsel kebetulan sedang sibuk di belakang toko mengangkut semen. Syukur, aksi itu tertangkap mata kasir.

Keluar dari toko, keduanya langsung menaiki sepeda motor dan mencoba lari. Syamsudin di depan, sedangkan Yusran dibonceng. Suparjo yang mendengar teriakan kasir segera berlari keluar. “Saya cengkeram kerah bajunya. Jatuhkan, injak dan tarik tangannya ke belakang. Baru teriak minta ampun,” imbuhnya.

Dibantu karyawan lain yang membawakan tali plastik, kedua tangan maling itu diikat. Warga berdatangan membantu. Sebagian bahkan terlanjur gelap mata dan hendak menghakimi kedua pelaku. Suparjo coba mencegah dengan menelpon Anggota Provost Rindam. Keduanya lalu diamankan di Mapolsek Banjarbaru Barat.

“Rupanya yang lebih tua ini residivis, penjahat kambuhan. Ia juga pernah tertangkap untuk kasus serupa. Nyolong di toko bahan bangunan pada tahun 2014. Sama di kawasan Landasan Ulin sini juga,” pungkas Suparjo.

Dikonfirmasi terpisah via telepon, Kapolsek Banjarbaru Barat Kompol Syaiful Bob membenarkan aksi gagal kedua maling tersebut. “Sudah kami amankan. Mereka kami jerat dengan Pasal 363 KUHP untuk pencurian dengan pemberatan,” tukasnya.

Syamsudin diketahui sebagai warga Jalan Handil Pandan Kecamatan Berangas Kabupaten Barito Kuala. Sedangkan Yusran adalah warga Jalan Kelayan B Banjarmasin Selatan. (fud/ema)

To Top