Daerah Ini Masih Butuh 5 Ribu PNS – FAJAR.co.id
Daerah

Daerah Ini Masih Butuh 5 Ribu PNS

FAJAR.CO.ID, GRESIK – Jumlah pegawai negeri sipil (PNS) di Gresik masih jauh dari ideal. Berdasar perhitungan, tingkat kecukupan PNS di lingkungan pemkab masih 60 persen dari kebutuhan normal. Karena itu, pemkab mengajukan usul penambahan formasi ke pemerintah pusat untuk memenuhi jumlah PNS.

Hal tersebut terungkap dari hasil analisis kebutuhan pegawai yang dibuat Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Gresik. Dari perhitungan analisis beban kerja di lingkungan pemkab, saat ini jumlah pegawai yang dibutuhkan di Gresik mencapai 12.060 orang.

Sampai saat ini pemkab baru memiliki 7.024 pegawai, baik di struktural maupun fungsional. ”Sehingga, dari hasil analisis ini, ada kebutuhan pegawai sebanyak 5.036 orang,” kata Kepala BKD Gresik M. Nadlif.

Dari seluruh kebutuhan itu, jelas Nadlif, yang butuh paling banyak tambahan adalah tenaga fungsional. Yakni PNS yang tugasnya berdasar keahlian di bidang tertentu. Yang terbanyak dibutuhkan adalah tenaga pendidik.

Berdasar hasil pendataan, hampir semua sekolah mengajukan tambahan formasi. Terutama guru tiap-tiap bidang studi. ”Ini akibat peralihan pengelolaan guru SMA/SMK ke pemprov,” katanya.

Selain itu, pemkab butuh tenaga fungsional di bidang kesehatan. Terutama di instansi layanan di tingkat kecamatan. Dari hasil analisis tersebut, BKD sudah mengajukan usul penambahan formasi CPNS ke pemerintah pusat. Namun, pemkab belum berani memastikan apakah bakal ada rekrutmen CPNS atau tidak. ”Sebab, itu menunggu keputusan dari pemerintah pusat,” ujarnya. (Fajar/JPG)

Click to comment
To Top