Akil Mochtar, Istri dan Anaknya Bakal Beri Kesaksian di Persidangan Bupati Buton – FAJAR.co.id
Hukum

Akil Mochtar, Istri dan Anaknya Bakal Beri Kesaksian di Persidangan Bupati Buton

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Sidang lanjutan perkara Bupati Buton non aktif, Samsu Umar Abdul Samiun dengan nomor 83/Pid.Sus-TPK/2017/PN Jkt Pst bakal kembali digelar di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor), Jalan Bungur Raya, Jakarta Pusat, Jum’at (21/7) mendatang. Sidang kali ini masih tetap beragendakan mendengarkan keterangan saksi-saksi.

Namun, kali ini jumlah saksi yang dihadirkan cukup banyak dibandingkan dengan sidang-sidang sebelumnya, yakni sembilan orang saksi. Mereka diantaranya, I Gede Candrayasa Hartawan yang merupakan Manajer Bank Mandiri Prioritas Cabang Jakarta Gambir, Andri Antoni selaku Kepala Cabang Bank Mandiri Prioritas Pontianak Diponegoro.

Selain itu juga ada Posma Paido Tua Sarumpaet selaku staf Hukum Bank Central Asia (BCA), Pimpinan Kantor Cabang Pembantu (KCP) Bank Rakyat Indonesia (BRI), Nanda Ayu Lestari serta Meita Tias Wahyuningrum. Kelimanya merupakan saksi dari pihak Bank yang dihadrikan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Empat saksi lainnya diantaranya, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi, Akil Mochtar, Ratu Rita Akil yang tak lain adalah istri dari Akil Mochtar, Aries Adhitya Shafitri yang merupakan putri dari Akil Mochtar serta Yusman Haryanto selaku ajudan Bupati Buton, Samsu Umar Abdul Samiun.

“Untuk Akil Mochtar itu dijadwalkan ulang karena dalam persidangan sebelumnya yang bersangkutan tidak hadir dengan alasan sakit. Ada juga anak dan istri Akil Mochtar. Sedangkan Yusman adalah ajudan Pak Samsu,” kata Penasehat Hukum Bupati Buton, Saleh, SH. MH saat dikonfirmasi Fajar.co.id di Jakarta, Senin (17/7).

Pihaknya berharap semoga dalam persidangan kali ini Akil Mochtar dapat langsung hadir memenuhi panggilan untuk bisa memberikan keterangan secara langsung dihadapan Hakim. Pasalnya, keterangan Akil Mochtar sangat dibutuhkan dalam persidangan nantinya.

“Soal Akil nanti hadir atau tidak yang jelas sudah dipanggil,” paparnya.

Sekedar diketahui, sidang nanti merupakan sidang keempat Bupati Buton. Sidang pertama digelar pada 12 Juni 2017 lalu beragendakan pembacaan dakwaan. Sidang kedua dan ketiga digelar pada 19 Juni dan 5 Juli 2017 dengan agenda pemeriksaan saksi-saksi.

Sejauh ini saksi yang sudah memberikan keterangan diantaranya, Hamdan Zoelva (mantan Hakim MK), Saiful Anwar (panitera pengganti MK), Kasianur Sidauruk (panitera MK) dan Ina Zuchriyah (panitera pengganti MK). Selain itu ada, La Bakry (Plt Bupati Buton), Agus Feisal Hidayat (Bupati Buton Selatan), Yaudu Salam Adjo (Anggota DPRD Sultra), La Uku, La Dani, Abdul Hasan Mbou serta Anggota KPUD Buton, La Rusuli. (Hrm/Fajar)

Click to comment
To Top