TNI Bantu Warga Desa Taan, dari Buat Jalan hingga Bedah Rumah – FAJAR.co.id
Sulbar

TNI Bantu Warga Desa Taan, dari Buat Jalan hingga Bedah Rumah

TNI bersama warga Desa Taan, Kabupaten Mamuju, Sulbar. (Foto: IST)

FAJAR.CO.ID, MAMUJU — Kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (Wasev TMMD) ke-99 tengah berjalan di Desa Taan, Kecamatan Tapalang, Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat. TNI membantu warga setempat dengan melaksanakan pembangunan fisik maupun non-fisik.

Tim Pengawas dan Evaluasi (Wasev) TMMD Kemenhan RI yang dipimpin Kolonel Kavaleri Abdul Rahman Made dari Inspektorat Pusat Teritorial TNI Angkatan Darat (Pusterad) melakukan pemantauan pelaksanaan kegiatan TMMD ke-99 di Desa Taan, Rabu (19/7/2017).

Dalam kunjungan tersebut, Tim Wasev Kemenhan RI TMMD didampingi langsung Danrem 142 Taro Ada Taro Hau (Tatag), Kolonel Inf. Taufiq Shobri, beserta Ketua Persit KCK Koorcabrem 142 Tatag dan Dandim 1418/Mamuju.

Kolonel Kavaleri Abd Rahman Made menuturkan, Desa Taan dipilih sebagai lokasi TMMD ke-99 karena dilatarbelakangi keterbatasan fasilitas jalan yang kurang representatif. Kondisi masyarakat setempat yang memprihatinkan, menggugah semangat TNI dalam program TMMD untuk melaksanakan pembangunan fisik maupun non-fisik.

Lebih lanjut, mantan Inspektorat Kodam II Sriwijaya menjelaskan, program TMMD 99 yang dilaksanakan di Desa Taan, di antaranya menggarap proyek peningkatan jalan 2.365 m x 6 m, pembuatan gorong-gorong 8 unit, pembuatan jembatan kayu 1 unit, pembuatan pos kamling 1 unit, bedah rumah 1 unit, pengecetan sekolah 1 unit, rumah baca 1 unit serta kegiatan non fisik berupa kegiatan penyuluhan.

“Kita berharap nantinya apa yang telah kita perbuat untuk masyarakat melalui program TMMD, masyarakat dapat menerima manfaat pembangunan guna meningkatkan kelancaran akses menuju pusat kota,” tegasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Rahman Made juga mengimbau agar TNI harus bersatu dan tidak boleh pisah dengan masyarakat. Semangat kebersamaan bersama masyarakat harus terus dipupuk untuk mengakomodir kebutuhan infrastruktur dan menunjang peningkatan perekonomian secara bergotong royong.

Senada diungkapkan, Dandim 1418 Mamuju, Letkol Arh Imran, yang juga selaku Komandan Satuan Tugas TMMD ke 99 di wilayah Mamuju, mengatakan, seluruh pembangunan fisik yang di laksanakan di lokasi TMMD mengalami perkembangan pesat berkat dukungan penuh dari masyarakat yang turut ambil bagian dalam proses pengerjaannya.

Sebelumnya, program TMMD ke 99 di Desa Taan, Kecamatan Tapalang dibuka oleh Bupati Mamuju, pada tanggal 3 Juli lalu. Programn TNI ini akan berlangsung selama 30 hari kedepan. Turut mendampingi Tim Wasev mengunjungi lokasi TMMD ke 99 didampingi pula Camat Tappalang, Kepala dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Mamuju, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Sulbar serta Kepala Desa Taan.(*/fajar)

 

To Top