Partai Demokrat Siapkan Kejutan – FAJAR.co.id
Politik

Partai Demokrat Siapkan Kejutan

FAJAR.CO.ID, JAMBI – Partai Demokrat memastikan tidak mau kalah dalam perhelatan Pemilihan Wali Kota (Pilwako) Jambi 2018 mendatang.

Sebagai pememang pemilu di Tanah Pilih Pusako Betuah, partai berlambang mercy ini ingin mengambil peranan penting.

Bukan tidak mungkin Demokrat telah menyiapkan kejutan. Sebab dengan delapan kursi di parlemen membuat mereka hanya membutuhkan satu kursi lagi untuk bisa mengusung calon sendiri.

Ketua DPD Demokrat Provinsi Jambi, Burhanuddin Mahir mengatakan partainya memandang penting mengambil peranan di Pilwako. Karena Demokrat adalah pemenang pemilu di wilayah memiliki kantong dan basis suara.

“Politik itu sangat dinamis. Banyak kejutan yang terjadi, terutama di detik-detik akhir. Jadi saya katakan tidak mungkin muncul calon tunggal, ada calon lain,” katanya.

Dia menyebutkan, partainya memiliki banyak opsi dan pilihan menghadapi Pilwako. Pertama opsi realistis yakni dengan mengajukan kader sebagai nomor dua.

“Kita banyak stok kader yang bisa kita majukan untuk calon petahana, itu opsi pertama,” katanya.

Dia menjelaskan ada beberapa kader yang siap dimajukan dan memiliki kapasitas untuk itu. meraka adalah Nasir, Effendi Hatta, Zainal Abidin dan beberapa nama lainnya.

“Memang melihat secara objektif, kita merasa lebih nyaman berpasangan dengan Fasha. Tapi ini opsi pertama,” ungkapnya.

Lalu apa opsi lain Demokrat? Mantan Bupati Muaro Jambi ini tidak mau membuka apa opsi kedua yang disiapkan Demokrat. Tapi yang pasti dirinya mengaku bakal ada kejutan.

“Kalau Itu tidak mungkin dengan opsi peratama tadi, kita punya opsi lain. Apa itu nanti dulu,” katanya.

Menurutnya, saat ini yang terpenting adalah partainya fokus dengen pendaftaran calon kepala daerah dan wakil kepala daerah di tiga daerah yakni Kerinci, Kota Jambi dan Merangin.

“Kita lakukan penjaringan dulu, setelah itu akan kelihatan. Pendaftarnnya dimulai dari dari 26 Juli hingga 5 Agustus,” ucapnya.

Dia menjelaskan, Demokrat memberikan kesempatan kepada seluruh masyarakat Jambi yang ingin mendaftar sebagai calon kepala daerah dan wakil kepala daerah. “Jadi siapapun silakan mendaftar. kita membuka pintu seluas-luasnya,” katanya.

Kemudian, pengembalian formulir mulai dari 31 Juli sampai 12 Agustus mendatang. Untuk pelaksanaannya sendiri dilakukan di daerah masing-masing. Untuk di Kerinci dilakukan di Kantor DPC Kerinci dan untuk Merangin, dilakukan di Kantor DPC Merangin.

“Untuk Kota Jambi sendiri, itu dilakukan di Kantor DPD. Namun yang melaksanakannya tetap tim penjaringan Kota Jambi. DPD hanya menfasilitasi pelaksanaan penjaringan saja. Jadi bukan diambil alih,” pungkasnya. (Fajar/jpnn)

Most Popular

To Top