Plt Gubernur Ini Tagih Janji Politik Bupati Terpilih – FAJAR.co.id
Daerah

Plt Gubernur Ini Tagih Janji Politik Bupati Terpilih

FAJAR.CO.ID, KENDARI – Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sultra, HM Saleh Lasata mulai menagih janji politik para bupati yang baru saja dilantik, untuk direalisasikan kepada masyarakat pada masing-masing daerah dipimpin.

Setidaknya dari tujuh daerah penggelar pilkada, terdapat tiga pasangan bupati terpilih dilantik. Pertama, Bupati Muna Barat, LM Rajiun Tumada-Ahmad Lamani. Kedua, Bupati Buton Tengah Samahuddin-La Ntau, dan ketiga Bupati Kabupaten Buton Selatan (Busel), Agus Feisal Hidayat – H Laode Arusani. Empat lainnya belum yakni Kota Kendari, Kolaka Utara, Buton, dan Kabupaten Bombana.

“Mereka (pasangan bupati) yang terpilih dan baru saja dilantik jangan menunda lagi untuk merealisasikan janji politiknya. Sebagaimana yang sudah dijabarkan dalam visi misi pada saat kampanye. Itu harus segera direalisasikan. Karena pasti masyarakat sudah menunggu,” pesannya.

Dia menjelaskan, para pasangan bupati terpilih mengumbar janji politik kepada masyarakat saat melakukan kampanye untuk mendapatkan perhatian, sehingga bisa terpilih. Olehnya, apa yang telah tercantum dalam visi misi kemudian dijabarkan dalam program pemerintah sudah semestinya segera dilaksanakan.

“Bukan malah menunda untuk menyelesaikan visi misi yang jadi acuan program kerja pemerintah di daerah,” ujarnya.

Misalnya saja, masih dia, mengedepankan peningkatan kualitas sumber daya manusia, maka apa yang jadi bagian dari program tersebut harus berjalan dengan baik. Begitu pula program-program unggulan yang telah dijabarkan dalam visi, tentu harus sejalan dengan misi akan dilakukan.

Selain itu, telah berjalannya anggararan pendapatan dan belanja daerah (APBD) tahun 2017, kata Saleh Lasata, maka pemerintah kabupaten kota, terutama bagi kepala daerah yang baru dilantik agar menyesuaikan perencanaan dalam APBD. Sehingga, dalam melakukan penyerapan anggaran tidak terhambat.

“APBD perubahan harus segera diserahkan, paling lambat Agustus. Ini peringatan bagi kepala daerah yang baru dilantik,” pungkasnya. (Fajar/RS/BP)

To Top