Sehari, Karantina Soetta Gagalkan Dua Penyelundupan – FAJAR.co.id
Jabodetabek

Sehari, Karantina Soetta Gagalkan Dua Penyelundupan

(Foto: IST for FAJAR)

FAJAR.CO.ID, TANGERANG — Petugas Balai Besar Karantina Pertanian (BBKP) dan Aviation Security (Avsec) Bandara Soekarno-Hatta berhasil menggagalkan dua usaha penyelundupan sekaligus, kemarin (7/8/2017).

Usaha pertama pukul 12.00 WIB, saat berpatroli di terminal kargo, petugas Karantina Soetta mendapat informasi dari pihak Kantor Pos Kargo bahwa ada satu paket dari luar negeri yang mencurigakan. Petugas bersama-sama langsung melakukan pemeriksaan isi paket itu.

Ternyata, di dalam paket mencurigakan tersimpan seekor ular yang disamarkan dalam tumpukan makanan ringan. Tidak ada dokumen karantina dari negara asal yang menyertainya.

Dari daftar manifes diketahui paket itu berasal dari Hongkong. Saat ini, ular tersebut ditempatkan di Instalasi Karantina Hewan.

Petugas Balai Besar Karantina Pertanian (BBKP) dan Aviation Security (Avsec) Bandara Soekarno-Hatta menggagalkan penyelundupan hewan, kemarin (7/8/2017). (Foto: IST for FAJAR)

Usaha kedua pada pukul 16.30 WIB, saat sedang melakukan pengawasan di terminal internasional, petugas Karantina Soetta kembali berhasil menggagalkan usaha penyelundupan 72 ekor burung yang rencananya akan diterbangkan ke Bahrain dengan pesawat Emirates.

Seorang WNA mencoba menyelundupkan burung-burung tersebut dalam puluhan pipa kecil yang dikemas rapi dalam sebuah koper. Satu pipa bisa berisi 1-3 ekor burung.

Burung-burung tersebut terdiri dari Kutilang 57 ekor, Cucak 8 ekor, Kacer 2 ekor, Jalak 3 ekor, Towet 1 ekor dan Murai batu 1 ekor.

Melalui koordinasi yang baik dengan instansi terkait dalam hal ini pihak Avsec dan Bea Cukai, penyelundupan ini berhasil digagalkan.Kesigapan petugas karantina yang sedang bertugas di terminal merupakan kunci dari penggagalan penyelundupan ini.

Setelah itu dilakukan proses serah terima dari pihak Avsec ke pihak Karantina Soetta. Kesemua burung itu kemudian ditempatkan di Instalasi Karantina Hewan. Semua barang bukti dan identitas pelaku telah disimpan dan menunggu untuk proses selanjutnya.

Keberhasilan ini berkat kerja nyata petugas Karantina Soetta dan kerja sama yang baik dengan instansi terkait, yaitu Bea Cukai, Avsec dan Kantor Pos. (fajar)

 

Most Popular

To Top