Setya Novanto Gagal Baca Proklamasi, Fahri Hamzah Bilang Begini – FAJAR.co.id
Politik

Setya Novanto Gagal Baca Proklamasi, Fahri Hamzah Bilang Begini

Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Istana Negara memutuskan bahwa Ketua DPR Setya Novanto tidak membacakan teks proklamasi dalam peringatan HUT RI tahun ini. Kabar itu belum didengar Fahri Hamzah.

“Belum, belum, saya belum dihubungi (pihak istana),” ujar Fahri yang notabene wakil ketua DPR itu di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta (8/8).

Dia pun menunggu pemberitahuan resmi dari pihak Istana Negara. “Saya juga ingin dengar pemberitahuan resmi bagaimana. Ini kan lembaga negara. Istana itu lembaga negara, DPR lembaga negara, kan kami belum komunikasi,” sebut legislator asal NTB itu.

Sementara itu, dia mengatakan akan membicarakan keputusan Istana Negara tersebut dengan pimpinan DPR lainnya. Yakni, Fadli Zon, Agus Hermanto, Taufik Kurniawan, dan Novanto sendiri.

“Saya juga mau ngobrol dengan pimpinan lain,” pungkas Fahri.

Sebelumnya, Istana Negara akhirnya memutuskan pada peringatan HUT kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 2017 nanti, naskah teks proklamasi tidak akan dibacakan oleh Ketua DPR Setya Novanto.

Sebagaimana diketahui, Setya Novanto saat ini menyandang status sebagai tersangka dalam kasus korupsi e-KTP yang merugikan negara hingga Rp 2,3 Triliun.

Juru Bicara Presiden Joko Widodo (Jokowi), Johan Budi Sapto Prabowo‎ mengatakan, pidato 17 Agustus nanti akan dilakukan oleh Ketua MPR Zulkifli Hasan. Johan Budi beralasan, pembacaan naskah teks proklamasi tidak lagi oleh Novanto, karena pembacaan teks tersebut sifatnya bergantian dengan yang lainnya.

“Menurut Menseseng pembacaan teks proklamasi dilakukan secara bergantian, tahun ini giliran Ketua MPR yang membaca teks,” katanya. (dna/jpc/fajar)

To Top