Dua Bos First Travel Diciduk Usai Jumpa Pers di Kemenag – FAJAR.co.id
Kriminal

Dua Bos First Travel Diciduk Usai Jumpa Pers di Kemenag

Sesi jumpa pers First Travel sebelum akhirnya dua direktur utama, Andika Surachman dan Anniesa Desvitasari Hasibuan diringkus Bareskrim Polri di Kantor Kementerian Agama, Rabu (9/8) malam - Net

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Bareskrim Mabes Polri menangkap dua Direktur Utama PT First Anugerah Karya Wisata, Andika Surachman dan Anniesa Desvitasari Hasibuan, Rabu (9/8) malam.

Mereka diduga melakukan penipuan terhadap ribuan jemaah umrah yang mendaftarkan diri di agen perjalanan First Travel.

“Pelaku menjanjikan jemaah berangkat umrah dengan cara menawarkan biaya umrah,” kata Kabagpenum Divisi Humas Polri Kombes Martinus Sitompul dalam keterangan yang diterima, Kamis (10/8).

Martinus menambahkan, penyidik Direktorat Tindak Pidana Umum Bareskrim menangkap keduanya di Kompleks Perkantoran Kementerian Agama RI.

“Pasangan suami istri itu ditangkap kemarin jam 14.00 WIB setelah melaksanakan konferensi pers,” jelas dia.

Dia menjelaskan, modus operandi pelaku adalah menjanjikan sesuatu dengan cara menawarkan biaya ibadah umrah kepada calon jamaah melalui perusahaan biro perjalanan PT First Anugerah Karya Wisata.

“Saat ini saksi-saksi yang sudah diperiksa penyidik ada sebelas orang yang terdiri dari agen dan calon jemaah,” kata dia.

Atas perbuatannya, pasangan suami istri itu dijerat Pasal 55 jo Pasal 378 dan Pasal 372 KUHP, serta UU Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

 

Sebelumnya, sejumlah calon jamaah umrah melaporkan Direktur First Travel Andika Surachman dan istrinya Anniesa Desvitasari Hasibuan ke Bareskrim Polri atas perkara dugaan penipuan dan penggelapan.

Pelaporan dilakukan karena mereka telah melunasi pembayaran ibadah umrah. Namun hingga kini ribuan calon jamaah itu tak kunjung diberangkatkan pihak penyelengara sejak dijanjikan pada 2015 lalu. (mg4/jpnn/fajar)

Most Popular

To Top