Terungkap, Masyarakat Jatim Ternyata Lebih Suka Calon Gubernur yang…. – FAJAR.co.id
Politik

Terungkap, Masyarakat Jatim Ternyata Lebih Suka Calon Gubernur yang….

Indonesia Development Monitoring (IDM) menggelar survei alias jajak pendapat kepada masyarakat Jawa Timur yang akan menggelar pemilihan gubernur (Pilgub) tahun depan.

Direktur Executive IDM, Andri Gunawan mengatakan bahwa, survei itu ntuk melihat kecenderungan masyarakat Jatim terhadap calon gubernurnya.

Andri menjelaskan, pihaknya melakukan pemetaan survei awal terkait nama nama tokoh yang disebut oleh masyarakat di seluruh pelosok Jawa Timur.

Hasilnya terdapat 7 nama tokoh yang dianggap layak untuk menjadi calon Gubernur Jawa Timur pada Pilgub Jatim 2018, nama tokoh tersebut adalah Saifullah Yusuf, Tri Risma Harini, Abdullah Azwar Anas, La Nyala Mataliti, Khofifah Indar Parawangsa, Imam Nachrowi, dan Kusnadi.

“Tujuh nama itu menguat dan banyak disebut responden survei,” ujar Andri melalui keterangan tertulisnya kepada JawaPos.com, Kamis (10/8).

Dari survei terungkap  sebanyak 16,3 persen responden yang menginginkan gubernur jujur dan bebas dari kasus korupsi.

Sedangkan yang menginginkan sosok gubernur yang mampu mengatasi masalah ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Jawa Timur sebanyak 59,8 persen.

“Sementara menginginkan gubernur dekat dengan masyarakat sebanyak 6,2 persen,” imbuhnya.

Survei IDM mencatat, dari sisi popularitas Saifullah Yusuf yang saat ini menjabat Wakil Gubernur Jawa Timur ternyata hanya diperoleh sebanyak 81,3 persen, Wali kota Surabaya Tri Risma Harini sebanyak 88,7 persen, dan Mensos Khofifah Indar Parawangsa memiliki tingkat popularitas di antara semua tokoh yaitu 88,9 persen.

Sementara mantan Ketua PSSI La Nyalla Mataliti memiliki tingkat popularitas tertinggi yakni 88,8 persen. Kemudian bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas memiliki tingkat popularitas sebesar 51,7 persen.

Menpora Imam Nachrowi meraih tingkat popularitas 53,7 persen dan Kusnadi yang merupakan Ketua DPD PDIP Jawa timur paling rendah yakni 50,3 persen.

“Begitupun dengan tingkat elektabilitas. La Nyalla Mataliti meraih prosentase tertinggi yakni sebesar 76, 9 persen,” paparnya.

Dari survei ini, kata Andri, terungkap bahwa La Nyalla Mataliti tokoh yang paling banyak diterima oleh masyarakat Jawa Timur di bandingkan dengan Tri Risma Harini yang hanya memiliki tingkat akseptabilitas sebesar 70,7 persen maupun Khofifah yang hanya meraih 75,5 persen

“Masyarakat juga menilai pengalaman La Nyalla sebagai Ketua Kadin Jawa Timur serta latar belakangnya sebagai pengusaha dinilia bisa memberikan harapan baru perekonomian masyarakat Jawa Timur,” ungkap Andri.

Andri menjelaskan, temuan survei IDM tersebut menunjukkan bahwa publik Jatim semakin menjadikan kinerja pemprov Jawa Timur dalam membuat kebijakan yang bisa memberikan dampak ekonomi yang lebih baik pada masyarakat sebagai dasar untuk menentukan pilihan.

Diketahui, survei IDM ini diselenggarakan pada 18 sampai 30 Juli 2017, meliputi 38 kabupaten/ Kota di Jatim. Menggunakan metode multistage random sampling. Yakni mengambil responden sebanyak 1816 Pemilih yang terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap pada pilpres 2014 sebanyak 30.639.982 pemilih dengan margin of error +/_2,3  persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

(jawapos)

Click to comment
To Top