SYL dapat Penghargaan dan Program Pembangunan Jalan Tol di Sulsel – FAJAR.co.id
Nasional

SYL dapat Penghargaan dan Program Pembangunan Jalan Tol di Sulsel

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Gubernur Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo (SYL) dan Bupati Maros HM Hatta Rahman kembali menunjukkan prestasinya di kancah nasional. Keduanya mendapat penghargaan langsung dari pemerintah melalui Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, M Basuki Hadimuljono dalam acara Indonesia Properti Expo (IPEX) 2017 yang dibuka langsung oleh Presiden Joko Widodo di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Jum’at (11/8).

Penghargaan yang dimaksud berkaitan dengan apresiasi yang diberikan oleh pemerintah pusat kepada pemerintah daerah yang telah berprestasi dalam memberikan kemudahan perizinan dalam pembangunan perumahan bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) dalam Program Satu Juta Rumah.

Dalam sambutannya, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menjelaskan, penghargaan yang diberikan kepada Pemerintah Provinsi, Kabupaten dan Kota ini telah berhasil mempersingkat waktu pengurusan perizinan membangun rumah yang hanya membutuhkan waktu kurang lebih 6,5 jam saja. Ini tentu sangat berkontribusi secara signifikan dalam kemudahan perizinan terhadap masyarakat.

“Kami memberi penghargaan pada Pemprov, Pemkab, Pemkot yang memberi kontribusi dalam kemudahan perizinan pembangunan rumah. Contoh di Pontianak izin sekarang dapat diperoleh hanya dalam waktu 6,5 jam,” kata Basuki dalam sambutannya dihadapan Presiden Joko Widodo.

Pemerintah daerah yang dimaksud oleh Basuki adalah, Provinsi Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, dan Jawa Barat. Sedangkan untuk kabupaten ada Kabupaten Maros, Bandung, Malang. Serta Pemerintah Kota Jambi, Pontianak dan Manado.

Ditempat yang sama, Presiden Jokowi dalam sambutannya mengucapkan terima kasih dan menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada daerah-daerah yang berprestasi dalam hal perizinan tersebut. Jokowi tak segan-segan mengucapkan rasa bangga kepada para kepala daerah yang berprestasi dalam urusan perizinan yang dapat diselesaikan dengan waktu yang cepat. Berdasarkan informasi yang ia peroleh dari BKPM untuk pengurusan izin saat ini bisa diselesaikan dalam waktu 3 jam, bahkan paling lama 8 jam.

“Saya senang karena urusan perizinan berkaitan perumahan dapat diselesaikan dengan cepat. Saya dibisiki menteri PU, daerah juga sudah melakukan hal yang sama hanya 6,5 jam. Ini perlu kita apresiasi. Sudah kuno ngurus izin hitungan hari, minggu lebih kuno, bulan sangat kuno sekali. Sudah enggak zaman sekali,” tukas Jokowi.

Sementara itu, Gubernur Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo usai kegiatan menjelaskan, pemberian pengharaan oleh negara kepada Pemda Sulsel merupakan hasil maksimal dalam pelayanan perizinan pembangunan rumah bagi masyarakat. Di Sulsel, sejauh ini sudah banyak fasilitas perumahan maupun asistensi pemerintah Sulsel mendapat pengakuan dari negara.

“Salah satunya yang paling menonjol adalah pemberian izin yang tidak mengenal hari lagi di Sulsel. Izin itu hanya hitungan jam langsung selesai, itulah yang diapresiasi oleh negara. Kita juara nasional jadi ketersediaan perumahan sudah cukup banyak. Perumahan pegawai banyak, perumahan susun untuk mahasiswa banyak, guru kita miliki, semua jenis perumahan. Ketersedian lahan juga tidak ada masalah. Memang semua program tentu ada tantangannya tapi semua sudah terjawab dengan mendapat penghargaan nasional,” kata Syahrul Yasin Limpo.

Atas banyaknya prestasi yang sudah dicetak Syahrul Yasin Limpo, maka Presiden Jokowi langsung memerintahkan kepada Menteri PUPR maupun Menteri BUMN Rini Soemarno yang juga sempat hadir untuk tidak hanya memberikan penghargaan kepada Gubernur Sulsel, tetapi juga memberikan program-program yang memiliki dampak langsung terhadap masyarakat luas di Sulsel. Alhasil, saat itu juga Sulsel mendapat program jalan tol yang langsung akan terealisasi tahun 2017 ini.

“Tadi bapak presiden menegaskan bahwa jangan piala lagi diberikan ke Gubernur Sulsel, sudah terlalu banyak pialanya. Kasih program, baik dari Menteri BUMN maupun Menteri PU. Dan tadi saya sudah dapatkan jawaban salah satu program yang akan diberikan perhatian ke Sulsel adalah program jalan tol. Realisasinya tahun ini, untuk anggarannya saya tidak mengerti cuma seperti itu tadi perintah presiden,” tutupnnya. (Hrm/Fajar)

Click to comment
To Top