KPK Bakal Garap Sejumlah Anggota DPRD Malang – FAJAR.co.id
Hukum

KPK Bakal Garap Sejumlah Anggota DPRD Malang

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membuka peluang memanggil semua anggota DPRD Kota Malang untuk dimintai keterangan.

Hal itu menyusul penetapan tersangka mantan Ketua DPRD Kota Malang Mochamad Arief Wicaksono dalam kasus dugaan suap terkait pembahasan APBD-Perubahan Kota Malang Tahun 2015, serta suap terkait proyek pembangunan Jembatan Kedung Kandang 2016.

“Apa semua anggota legislatif akan dipanggil, tentu itu penyidik yang mendalami. Penyidik akan memanggil saksi-saksi unsur dari legislatif yang berkaitan dengan kasus ini, akan dipanggil,” kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Sabtu (12/8).

Kemungkinan soal pemeriksaan sejumlah anggota DPRD Malang itu lantaran pembahasan APBD-P Tahun 2015 melibatkan banyak anggota DPRD Malang.

Meski demikian, Febri belum memerinci siapa saja yang akan diperiksa terlebih dulu dalam kasus ini. Sebab, hal itu menjadi kewenangan penyidik.

“Mulai minggu depan akan dilakukan pemanggilan saksi-saksi,” ujar Febri.

Sebelumnya, Arief ditetapkan sebagai tersangka penerima suap dalam dua kasus. Yakni, terkait pembahasan APBD-Perubahan Kota Malang Tahun 2015.

Arief diduga menerima suap sebesar Rp 700 juta dari Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan, dan Pengawasan Bangunan Pemkot Malang Jarot Edy Sulistyono.

Selain itu, KPK juga menetapkan Arief sebagai tersangka dalam kasus dugaan suap lainnya. Dalam perkara ini, Arief diduga menerima suap sebesar Rp 250 juta dari Komisaris PT ENK, Hendarwan Maruszaman.

Suap itu terkait proyek pembangunan Jembatan Kedung Kandang 2016 senilai Rp 98 miliar yang dikerjakan secara multiyears hingga 2018.  (Fajar/JPG)

Most Popular

To Top