Warga Korsel Ketakukan Konfrontasi Korut-AS Semakin Panas – FAJAR.co.id
Internasional

Warga Korsel Ketakukan Konfrontasi Korut-AS Semakin Panas

FAJAR.CO.ID, SEOUL — Ketegangan di semenanjung Korea membuat warga Korea Selatan ketakukan. Ketegangan akibat konfrontasi Amerika Serikat dan Korea Utara yang semakin panas.

Sebagian warga Korsel merasa Korut hanya menggertak. Sementara yang lainnya ketakutan jika perang benar-benar terjadi.

Kim Seong-su, 62, yang tinggal di Seoul, yang hanya berjarak hampir 50 km dari perbatasan Korea Utara, mengatakan bahwa dia berpikir Pyongyang hanya menggertak untuk mempertahankan rezimnya dan membenarkan program nuklirnya.

Yang lain lebih peduli. Yeon Eui-sook mengatakan bahwa dia merasa situasinya menakutkan. “Saya berharap semua orang bisa hidup dalam damai. Kim Jong-un terus melakukan ini dan membuat kita khawatir,” katanya dikutip dari BBC.

Analis mengatakan, bahasa Pyongyang selalu menjadi lebih agresif pada bulan Agustus, ketika AS dan Korea Selatan melakukan latihan militer bersama. Tetapi kali ini, dengan seorang presiden AS yang juga menggunakan kata-kata kuat, konfrontasi semakin ganas dari biasanya.

Ketegangan meningkat dalam beberapa pekan terakhir setelah Korea Utara menguji dua rudal balistik antar benua pada bulan Juli.

Perang retorika makin memanas setelah Pyongyang mengumumkan bahwa pihaknya memiliki rencana untuk menembakkan empat rudal di dekat wilayah Guam di AS. (amr/fajar)

 

Click to comment
To Top