Hari Pertama Dibuka Pendaftaran, Lima Instansi Kebanjiran Pelamar – FAJAR.co.id
Nasional

Hari Pertama Dibuka Pendaftaran, Lima Instansi Kebanjiran Pelamar

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Pemerintah membuka pendaftaran CPNS 2017 secara online, Senin (11/9). Pendaftaran itu untuk mengisi 14.426 lowongan CPNS di 60 kementerian/lembaga.

Begitu hari pertama pendaftaran CPNS online dibuka, pelamar langsung memburu beberapa instansi. Dari 60 kementerian/lembaga, ada lima instansi dengan jumlah pelamar terbanyak.

“Ada lima instansi yang terbanyak pelamarnya. Seperti beberapa tahun sebelumnya, Kementerian Keuangan tetap jadi favorit pelamar,” kata Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Mohammad Ridwan kepada JPNN, Senin (11/9).

Berdasar data sistem seleksi CPNS nasional (SSCN) BKN hingga pukul 15.30 hari ini, pelamar yang mendaftar untuk lowongan di Kemenkeu sebanyak 8.314 orang. Selanjutnya ada Kementerian Kesehatan dengan 7.537 pelamar.

Kemudian Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (4.103 pelamar), Kejaksaan Agung (1.795 pelamar) dan Badan Pemeriksa Keuangan (1.280 pelamar). Ridwan menambahkan, angka itu akan terus bergerak.

“Data ini akan terus bergerak karena waktu pendaftaran masih panjang. Alhamdulillah tidak ada kendala teknis di hari pertama ini,” ucap Ridwan.

Menurut Ridwan, sejauh ini minat masyarakat untuk menjadi PNS sangat besar. Padahal, formasi yang disiapkan tidak sampai 20 ribu orang sehingga persaingan dipastikan bakal sangat ketat.

Instansi yang membutuhkan paling banyak CPNS adalah Kementerian Keuangan. Jumlahnya mencapai 2.880 CPNS.

Sedangkan Kementerian Agraria dan Tata Ruang/BPN membutuhkan 1.610 CPNS. Selanjutnya ada Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemristek Dikti) yang membutuhkan 1.500 CPNS.

Selain ketiga instansi itu, ada kementerian/lembaga yang membutuhkan PNS dalam jumlah lumayan. Yaitu Kementerian PUPR, Kementerian Agama dan Kejaksaan Agung yang masing-masing membutuhkan 1.000 CPNS. (Fajar/jpnn)

Click to comment
To Top