RMS Main Dua Kaki? Begini Penilaian Pengamat… – FAJAR.co.id
Pilkada

RMS Main Dua Kaki? Begini Penilaian Pengamat…

Ketua DPW NasDem Sulsel, H Rusdi Masse (RMS)

FAJAR.CO.ID — Keputusan NasDem berkoalisi Golkar untuk mengusung Nurdin Halid-Aziz Qahar Mudzakkar (NH-Aziz) pada Pilgub Sulsel 2018 cukup menyita perhatian.

Bagaimana tidak, Ketua DPW NasDem Sulsel, H Rusdi Masse (RMS), jauh hari sebelumnya sangat erat dengan bacagub Ichsan Yasin Limpo (IYL). Bahkan, RMS diprediksi banyak pihak akan total mendukung IYL yang berpasangan Bupati Luwu, Andi Mudzakkar (Cakka).

Tetapi belakangan, politik Pilgub Sulsel yang sangat dinamis menggiring RMS mengubah dukungan partainya. NasDem akhirnya sepakat berkoalisi Golkar untuk memenangkan NH-Aziz. Keputusan ini diperkuat oleh rekomendasi DPP NasDem yang diserahkan hari ini, Kamis (14/9/2017).

Keputusan koalisi yang cukup mengejutkan ini pula yang memancing anggapan bahwa RMS bermain dua kaki pada Pilgub Sulsel mendatang. Benarkah demikian?

“Saya pikir Pak RMS tak akan bermain dua kaki. Justru all out menangkan jagoan Golkar itu (NH-Aziz),” ujar pengamat politik dari Universitas Hasanuddin (Unhas), Andi Lukman Irwan, ketika dihubungi Inikata.com, Kamis (14/9/2017).

Alasannya, ada dua indikator. Pertama, arah dukungan NasDem ke NH-Aziz karena ada campur tangan dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP). Di sisi lain pula RMS melihat hubungan keluarga klan Yasin Limpo tidak begitu harmonis.

Misalnya saja ketika Tenri Olle Yasin Limpo tidak sejalan dengan Ichsan Yasin Limpo. Begitu juga Irman Yasin Limpo alias None tidak begitu peduli untuk terlibat langsung memenangan paket IYL-Cakka karena tidak begitu setuju dengan paket tersebut.

Kedua, ada kepentingan politik yang tengah dibangun oleh RMS, yaitu bagaimana Partai NasDem harus memenangkan jagoannya pada 12 pilkada di daerah ini. Sebut saja pada Pilkada Sidrap dan Sinjai.

“Di Sidrap, istrinya (Fatmawati Rusdi) yang maju. Di Sinjai, kakaknya (Takyuddin Masse) yang maju. Nah, kepentingan inilah yang harus diamankan, “tutur dosen ilmu politik dan pemerintahan Unhas ini.

Dengan alasan itulah, mengapa RMS akan tampil all out memenangkan NH-Aziz. RMS, sebut dia, bakal mengerahkan seluruh jaringan politik dan finansialnya.

(ardiansyah razak bakri/fajar)

 

To Top