ASEAN-UNESCO Bahas Cagar Bawah Laut di Benteng Rotterdam – FAJAR.co.id
Makassar

ASEAN-UNESCO Bahas Cagar Bawah Laut di Benteng Rotterdam

Foto: FO/Dok FAJAR.co.id)

FAJAR.CO.ID — UNESCO Jakarta bekerja sama Kementerian Pendidikan dan kebudayaan RI menggelar konferensi cagar budaya bawah laut di Ruang Aula Benteng Fort Rottetdam, Makassar, Selasa-Rabu (19-20/9/2017).

Konferensi ini juga diikuti perwakilan 11 negara ASEAN (Asia Tenggara).

Kegiatan ini dilakukan untuk memproteksi atau melindungi peninggalan bersejarah dalam laut yang ada di Indonesia, khususnya di Makassar yang diberi warna sebagai Centre of Excelents mengenai arkeologi bawah air.

“Konferensi ini dilakukan oleh ASEAN dan UNESCO Jakarta yang dilaksanakan di Kota Makassar karena memiliki potensi mengenai peninggalan bersejarah dalam laut,” tutur Direktur Pelestarian Cagar Budaya dan Pemuseuman, Harry Widianto.

“Kita memakai Benteng Fort Rotterdam sebagai tempat pelaksanaan perlindungan cagar budaya laut karena ini ikon dari Kota Makassar sendiri,” Harry menyambung.

Direktur Pelestarian Cagar Budaya dan Pemuseuman, Harry Widianto, menjawab pertanyaan wartawan. (Foto: Syamsul Alam/FAJAR.co.id)

Sebanyak 14 balai pelestarian di Indonesia yang tercatat dalam Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan juga menghadiri konferensi internasional ini. Balai pelestarian wilayah Makassar selaku tuan rumah dipimpin oleh Kepala Balai Pelestarian Cagar Budaya Sulawesi Selatan, Laode Muhammad Aksa. (sul/fajar)

 

Most Popular

To Top