Polda Metro Segera Terapkan Sistem Tilang CCTV – FAJAR.co.id
Jabodetabek

Polda Metro Segera Terapkan Sistem Tilang CCTV

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Para pengendara di Jakarta harus lebih berhati-hati lagi. Pasalnya, pemanfaatan Closed Circuit Television (CCTV) untuk menindak pelanggar lalu lintas akan segera diberlakukan. Dengan kata lain, polisi akan memanfaatkan CCTV untuk menilang pelanggar lalu lintas.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Halim Pagarra mengatakan, pihaknya telah memiliki sebanyak 800 kamera CCTV. Namun, ratusan CCTV itu hanya merupakan CCTV pemantauan arus lalu lintas saja.

Sehingga pihaknya belum bisa menerapkan e-tilang di wilayah hukum Polda Metro Jaya. “Ke depan memang akan diadakan CCTV yang yustisia represif. Represif ini ada dua, penindakan ada dua, yang yustisil dan non-yustisil,” kata dia ketika dikonfirmasi, Kamis (5/10).

Dia menerangkan, yustisil berupa tindakan tilang, sementara non-yustisil berupa teguran dan imbauan saja. Sementara sejauh ini untuk Polda Jawa Timur dan Jawa Barat juga belum melakukan penindakan dengan e-tilang. Di dua polda itu, kata dia, hanya menangkap para pelanggar dengan CCTV, kemudian mencatat pelat nomor kendaraan.

Setelah itu petugas akan mendatangi pelanggar dan memberikan teguran. “Itu hanya teguran dan imbauan. Karena alat tersebut tidak bisa mengcapture, menangkap langsung. Misalnya ada pelanggar kecepatan, dia langsung otomatis menangkap memotret. Nopolnya keluar, pelat nomornya akan terkena dengan CCTV, itu yang dirancang,” tutur dia.

Perwira menengah ini menambahkan, untuk e-tilang dibutuhkan integrasi data antardaerah. Hal ini juga jadi salah satu penyebab yang membuat e-tilang belum rampung. “Ini juga ada beberapa menyangkut dengan integrasi data. Data kami saat ini kan masih masing-masing, dari pemda dari kepolisian. Dan itu belum jadi satu Polda,” tukas dia. (Fajar/JPC)

Click to comment

Most Popular

To Top