Sepak Terjang Tiga Negara Muslim di Piala Dunia 2018, Dua Lainnya Masih Berjuang – FAJAR.co.id
Bola

Sepak Terjang Tiga Negara Muslim di Piala Dunia 2018, Dua Lainnya Masih Berjuang

FAJAR SPORT, JAKARTA – Hingga pertengahan Oktober ini, sudah 23 negara yang memastikan lolos ke Piala Dunia 2018. Dari jumlah itu, hanya tiga negara muslim. Namun angka ini masih mungkin bertambah sebab masih ada 9 tiket tersisa.

Tercatat ada tiga negara berpenduduk mayoritas muslim yang masuk dalam daftar 23 negara lolos ke Rusia tahun depan. Mereka adalah Arab Saudi, Iran dan Mesir.

Iran menjadi negara muslim pertama yang memastikan tempat di putaran final Piala Dunia 2018. Mereka mengamankan status sebagai juara Grup A babak ketiga kualifikasi zona Asia sejak 12 Juni 2017 lalu.

Bagi Iran, tampil di Rusia tahun depan merupakan yang kelima sepanjang sejarah.

Sementara Arab Saudi mengamankan tiket putaran final Piala Dunia 2018 setelah keluar sebagai runner up Grup B babak ketiga zona Asia pada 5 September lalu. Sama halnya dengan Iran, Arab Saudi juga akan mencatat penampilan kelima di piala dunia.

Negara muslim lain yang dipastikan ambil bagian di Rusia tahun depan adalah Mesir. Mohamed Salah dkk lolos ke putaran final PD 2018 setelah memastikan status juara Grup E babak ketiga zona Afrika, 9 Oktober lalu.

Mesir sendiri baru dua kali tampil di turnamen sepak bola terakbar se jagad raya itu. Sehingga penampilan tahun depan akan jadi yang ketiga.

Selain tiga negara di atas, masih ada dua negara muslim yang berpeluang besar tampil di Rusia. Yaitu Tunisia dan Maroko yang tengah berjuang di putaran ketiga zona Afrika.

Tunisia saat ini memuncaki klasemen sementara Grup A dengan 13 poin. Mereka hanya butuh hasil imbang saat menjamu tim juru kunci Libya pada 12 November mendatang.

Maroko tampaknya akan berjuang lebih keras agar bisa lolos ke putaran final Piala Dunia 2018. Saat ini mereka memang memuncaki klasemen sementara Grup C dengan 9 poin, unggul satu angka dari Pantai Gading.

Masalahnya, pada laga pamungkas 12 November nanti, Maroko harus bertandang ke markas Pantai Gading. Meski hanya butuh hasil imbang untuk lolos, namun peluang Maroko lolos dinilai agak berat. (Fajar/pojok)

Berikut klasemen sementara putaran ketiga zona Afrika Kualifikasi PD 2018:

Click to comment

Most Popular

To Top