Home » Makassar Hari Ini » Yang Lain

Kamis, 10 Maret 2011 | 01:44:07 WITA | 3062 HITS
PADIVALLEY, Lapangan Golf Terindah di Dunia

SUNGGUMINASA -- Acara soft opening PADIVALLEY Golf Club yang digelar di Golf View Housing, Desa Pallantikang, Kecamatan Pattalassang, Gowa, Rabu, 9 Maret, mengundang decak kagum ratusan undangan yang menghadirinya. Lapangan Golf yang dibangun oleh PT Kalaborang Golf and Residence Gowa itu memang menyajikan pemandangan alam yang menawan dan menenangkan hati bagi siapa pun yang melihatnya.
Hamparan padang rumput golf yang luas, tanaman-tanaman hias, bebatuan alam, danau, aliran sungai, serta jejeran perbukitan di sekeliling yang menjadi ciri khas sebuah lembah, menyatu dalam Lapangan Golf Padivalley seluas 160 hektare itu.
Gubenur Sulsel,l Syahrul Yasin Limpo, pun optimis jika lapangan golf yang didesain oleh JMP Golf Design Group itu bakal menjadi lapangan golf terbaik di dunia. “Belum jadi saja sudah luar biasa indahnya. Apalagi jika sudah jadi,” kata Syahrul saat memberikan kata sambutannya.
Lapangan Golf PADIVALLEY itu memang belum rampung seluruhnya. Masih ada beberapa bagian yang masih sementara dibenahi. Yang paling utama adalah jalan. Sebab jalan menuju lapangan golf dari jalan kabupaten masih didominasi jalan pengerasan.
Gubenur sendiri berjanji akan segera membangun jalan jenis highway yang akan mempercepat akses ke lapangan golf. Syahrul menyebut highway itu akan memiliki lebar 60 meter dengan panjang sekitar 49 kilometer. Highway ini akan menghubungkan Kota Makassar, Maros dan Gowa sebagaimana dalam rancangan pihak JICA.
Dia melanjutkan, saat ini Sulsel tengah berbenah menuju destinasi wisata utama di Indonesia. Dengan kehadiran Lapangan Golf PADIVALLEY, maka pilihan tujuan wisata akan semakin beragam. Situasi ini tentu akan memancing minat wisatawan datang ke Sulsel.
Terkait masalah jalan, Bupati Gowa Ichsan Yasin Limpo, juga angkat bicara. Dia mengatakan akan segera merampungkan pelebaran jalan dari Jalan Tun Abdul Razak, Jalan Samata hingga ke Pattalassang. Dia mengakui mengalami hambatan karena harga jalan yang tiba-tiba saja menjadi mahal justru setelah APBD ketuk palu.
“Di Jalan Tun Abdul Razak naiknya sampai 1,8 juta per meter. Rakyat kami di Pattallassang juga minta harga (pembebasan lahan) jangan di bawah Rp200 ribu per meter. Tapi insya Allah kita tuntaskan dalam tiga bulan ke depan,” kata Ichsan disambut riuh tepuk tangan undangan.
Ichsan juga menambahkan, di sekitar PADIVALLEY nantinya akan dibangun perumahan idaman dan fasilitas-fasilitas umum lainnya. Pattallassang kelak akan menjadi daerah lintasan yang paling ramai karena akan menjadi daerah pendidikan, wisata dan industri dengan dibangunnya Kawasan Industri Gowa (KIWA).
Komisaris Utama PT Kalaborang Golf and Residence Gowa, Rizal Tandiawan, berharap PADIVALLEY tidak saja menjadi tempat menyalurkan hobi para pegolf. Pemandangan alamnya yang sangat indah juga bakal menjadi objek wisata alam ideal bagi keluarga. Karena itu, pihaknya sudah berpikir untuk membangun sarana pendukung seperti hotel mewah, restoran, club house, resort, shop, country club, sport centre, serta fasilitas umum dan penunjang lainnya yang secara keseluruhan ditangani oleh jasa konsultan YPA Design. Bahkan juga akan dibangun kawasan permukiman dengan pemandangan lapangan golf.
“Pembangunan PADIVALLEY Golf Club ini tidak akan mengubah kontur sehingga pada saat dioperasikan nanti, akan sangat indah. Karena medannya yang berbukit, lembah, sungai dan danaunya bisa dinikmati sambil bermain golf. Sehingga lokasi ini tidak hanya menjadi fasilitas olahraga tapi juga bisa menjadi objek wisata yang diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat,” sambung Rizal.
Direktur Utama PT Sinar Galesong Pratama ini juga menambahkan, tenaga yang dipakai adalah tenaga lokal warga masyarakat setempat, mulai dari tenaga penanam rumput sampai caddy. Karena itu, dia berharap kehadiran PADIVALLEY Golf Club tersebut akan memberikan manfaat bagi penduduk sekitar.
Acara soft opening atau pra pembukaan ini diresmikan oleh Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo. Sedangkan Bupati Gowa Ichsan Yasin Limpo meresmikan PADIVALLEY Driving Range. Kedua kakak-adik ini pun menandatangani prasasti peresmian. Acara kemudian dilanjutkan dengan pemukulan bola golf pertama yang dilakukan bergantian oleh gubernur dan bupati. Di penghujung acara, pihak investor memberikan kue ulang tahun kepada Ichsan Yasin Limpo yang berulang tahun ke-50.
Pembangunan lapangan golf PADIVALLEY diperkirakan menelan anggaran lebih Rp100 miliar. Selain pemandangan alamnya, kelebihan dari lapangan golf ini terletak pada rumput jenis supreme paspalin. Rumput jenis ini baru digunakan ada 17 lapangan golf di dunia. Di Asia sendiri, rumput langka tersebut baru diaplikasikan pada lima lapangan golf yaitu dua lapangan di Korea Selatan, satu di Filipina, dan dua di Indonesia, yaitu lapangan golf Halim dan PADIVALLEY.
PADIVALLEY Golf Club ini diproyeksi sebagai lapangan golf berstandar international dan terbaik di Indonesia dan mungkin saja di dunia. Lapangan golf ini memiliki 18 hole dan bisa menjadi lokasi kejuaraan golf dunia. (aha)

  Comment on Facebook  

Redaksi: redaksi[at]fajar.co.id
Informasi Pemasangan Iklan
Hubungi Mustafa Kufung di mus[at]fajar.co.id
Telepon 0411-441441 (ext. 1437).
 

Nasional

Rabu, 15 Mei 2013 JAKARTA, FMC -- Lelaki ini merasa gelisah. Ia pun menulis...

Rabu, 15 Mei 2013 JAKARTA,FAJAR - Wakil Ketua Badan Kehormatan (BK) DPR,...

Rabu, 15 Mei 2013 JAKARTA,FAJAR - Langkah Menteri pendidikan dan kebudayaan...

Rabu, 15 Mei 2013 JAKARTA,FAJAR - Wakil Ketua MPR, Hajriyanto Y Thohari...

Politik

Rabu, 15 Mei 2013 MAKASSAR,FAJAR -- Bakal calon bupati Sidrap, Rusdi Masse...

Rabu, 15 Mei 2013 SENGKANG,FAJAR -- Setelah resmi mendapat rekomendasi dari...

Rabu, 15 Mei 2013 JAKARTA,FAJAR - Meski telah mengundurkan diri sebagai...

Rabu, 15 Mei 2013 JAKARTA,FAJAR - Komisi II DPR dalam masa kerja periode...

Hukum

Rabu, 15 Mei 2013 JAKARTA,FAJAR - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akhirnya...

Rabu, 15 Mei 2013 JAKARTA,FAJAR - Pusat Pelaporan Analisis dan Transaksi...

Rabu, 15 Mei 2013 JAKARTA,FAJAR - Ketua Komisi Yudisial (KY), Eman Suparman...

Rabu, 15 Mei 2013 MALANG,FAJAR -- Wajah dunia pendidikan di Malang tercoreng....

Ekonomi

Rabu, 15 Mei 2013 JAKARTA,FAJAR - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)...

Rabu, 15 Mei 2013 JAKARTA, FAJAR -- PT PLN (Persero) menyebutkan, pemakaian...

Selasa, 14 Mei 2013 JAKARTA,FAJAR - Ketua DPR, Marzuki Alie menyatakan kenaikan...

Selasa, 14 Mei 2013 JAKARTA, FAJAR -- Pemerintah menugaskan Perum Badan Urusan...

Hiburan

Rabu, 15 Mei 2013 JAKARTA,FAJAR - Ashanty akan memulai perjalanan karirnya...

Rabu, 15 Mei 2013 JAKARTA,FAJAR – Rachel Maryam geram. Akun...

Rabu, 15 Mei 2013 BEBERAPA waktu lalu, publik sempat yakin bahwa Justin...

Selasa, 14 Mei 2013 JAKARTA -- Aktris seksi, Kiki Amalia benar-benar terpukul...

Internasional

Rabu, 15 Mei 2013 DAMASKUS,FAJAR – Lebih dari dua tahun...

Selasa, 14 Mei 2013 ROSELLA, FAJAR -- Seorang pria Chicago ditahan kepolisian...

Selasa, 14 Mei 2013 SEOUL,FAJAR - Keputusan mengejutkan muncul dari rezim Kim...

Senin, 13 Mei 2013 PARIS,FAJAR - Seorang turis Perancis yang baru saja kembali...