Home » Politik

Minggu, 13 Maret 2011 | 00:27:56 WITA | 741 HITS
Pertarungan tanpa Petahana

SEBELAS kabupaten di Sulsel sudah merampungkan pemilihan umum kepala daerah (pemilukada) 2010 lalu. Artinya tersisa 13 kabupaten kota lagi yang masih akan menyelenggarakan pemilukada. Dari jumlah itu, pertarungan dipastikan akan berjalan ketat di delapan kabupaten kota yakni; Makassar, Takalar, Jeneponto, Sinjai, Palopo, Enrekang, Bone, serta Kota Parepare. Alasannya, ke delapan daerah ini pertarungannya tanpa melibatkan petahana atau incumbent.
Di Bone, perang dini bahkan sudah terlihat. Tokoh-tokoh yang siap bertarung sudah mulai mengkampanyekan diri. Mereka sudah melakukan sosialisasi dengan perang sticker dan bagi-bagi kalender.
Hingga saat ini, sudah ada tiga nama calon bupati yang mencuat. Mereka sudah terang-terangan menunjukkan kepada masyarakat Bone tentang keinginan mereka maju pada suksesi lima tahunan tersebut. Ketiga figur itu yakni Kepala Dinas (Kadis) Pekerjaan Umum (PU) dan Sumber Daya Air (SDA) Bone, Andi Sultan Pawi, Andi Fashar Padjalangi, dan Kadis Pemberdayaan Masyarakat Sulsel, Andi Mangunsidi.
Poling calon bupati favorit yang dilakukan salah satu media lokal di Bone juga sudah berjalan dan menempatkan Andi Sultan di posisi teratas. Selain ketiga nama tersebut, muncul juga nama Ketua DPRD Bone, Ambo Dalle, Sekkab Bone, Andi Amrullah Amal, Anggota DPR RI, Andi Taufan Tiro, Andi Irsan Idris Galigo, dan Andi Said Pabokori. 
Palopo juga demikian. Posisi HPA Tenriadjeng akan diperebutkan sejumlah tokoh. Sejumlah figur pun sudah mulai terang-terangan menyatakan keinginan maju menjadi orang nomor satu di Bumi Sawerigading. Misalnya dari kalangan politikus, nama Ketua DPD II Golkar Palopo, Rahmat Masri Bandaso menjadi salah satu figur yang disebut-sebut serius maju. Apalagi ia kini masih menjabat wakil wali kota. Lobi-lobi politik juga mulai gencar dilakukan.
Dari kalangan birokrat juga sudah bermunculan beberapa nama, termasuk Sekkot Palopo, HM Jaya. Demokrat di Palopo juga sudah menegaskan keinginannya mendorong kader sendiri. Satu lagi nama yang mulai disebut-sebut ingin maju adalah Irwan Hamid yang kini masih di DPRD Palopo dan merupakan Ketua PDK Palopo. Pertarungan lewat baliho juga sudah terlihat di Palopo.
Penerus Andi Rudiyanto Asapa di Sinjai juga sudah bermunculan. Ada 12 nama yang mulai diperbincangkan masyarakat. Mereka juga sama-sama sudah gencar bersosialisasi. Dari 12 nama ini, terdapat kerabat dekat Rudiyanto Asapa yakni A Grandiyanto Asapa, A Jefriyanto Asapa, dan Andi Seto Rudiyanto.
Sembilan figur yang siap mengisi posisi Radjamilo juga sudah muncul di Jeneponto. Termasuk Wakil Bupati Burhanuddin Baso Tika dan putra Radjamilo, Ashari F Radjamilo. Dari pantaun FAJAR, malah sudah terbentuk tim sukses masing-masing kandidat. Mereka mulai bergerak mencari simpati masyarakat. Sekkab Jeneponto, Iksan Iskandar alias Basoka juga sudah menyatakan kesiapannya maju sebagai salah satu balon Bupati Jeneponto.
"Saya akan mencalonkan diri sebagai salah satu kandidat dalam pemilukada ," katanya usai menghadiri pelantikan Ketua DPD II Golkar Jeneponto.
Baharuddin Baso Jaya Karaeng Nai yang saat ini menjabat sebagai Asisten I Pemkab Jeneponto, bahkan telah mendeklarasikan dirinya dengan membuat tagline "BARANI" atau Baharuddin Nai.
Dari Enrekang juga tak kalah menariknya. Bahkan selain Ketua DPC PAN Enrekang, Muslimin Bando, serta Kajari Makassar Yusuf Handoko, La Tinro La Tunrung selaku bupati juga menyiapkan istrinya, Andi Silvi La Tinro. Di Makassar juga begitu. Beberapa nama sudah mulai menghangat dibicarakan. Tak hanya birokrat atau politikus namun juga pengusaha. Bahkan, secara khusus, lembaga survei, Insert Institute telah melakukan survei terkait tokoh yang dianggap layak melanjutkan kepemimpinan Ilham Arief Sirajuddin.
"Di daerah tanpa incumbent, persaingan akan lebih seru dan lebih terbuka," nilai Direktur Insert Institute, Muhammad Aris. (tim)

  Comment on Facebook  

Redaksi: redaksi[at]fajar.co.id
Informasi Pemasangan Iklan
Hubungi Mustafa Kufung di mus[at]fajar.co.id
Telepon 0411-441441 (ext. 1437).
 

Nasional

Rabu, 15 Mei 2013 JAKARTA, FMC -- Lelaki ini merasa gelisah. Ia pun menulis...

Rabu, 15 Mei 2013 JAKARTA,FAJAR - Wakil Ketua Badan Kehormatan (BK) DPR,...

Rabu, 15 Mei 2013 JAKARTA,FAJAR - Langkah Menteri pendidikan dan kebudayaan...

Rabu, 15 Mei 2013 JAKARTA,FAJAR - Wakil Ketua MPR, Hajriyanto Y Thohari...

Politik

Rabu, 15 Mei 2013 MAKASSAR,FAJAR -- Bakal calon bupati Sidrap, Rusdi Masse...

Rabu, 15 Mei 2013 SENGKANG,FAJAR -- Setelah resmi mendapat rekomendasi dari...

Rabu, 15 Mei 2013 JAKARTA,FAJAR - Meski telah mengundurkan diri sebagai...

Rabu, 15 Mei 2013 JAKARTA,FAJAR - Komisi II DPR dalam masa kerja periode...

Hukum

Rabu, 15 Mei 2013 JAKARTA,FAJAR - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akhirnya...

Rabu, 15 Mei 2013 JAKARTA,FAJAR - Pusat Pelaporan Analisis dan Transaksi...

Rabu, 15 Mei 2013 JAKARTA,FAJAR - Ketua Komisi Yudisial (KY), Eman Suparman...

Rabu, 15 Mei 2013 MALANG,FAJAR -- Wajah dunia pendidikan di Malang tercoreng....

Ekonomi

Rabu, 15 Mei 2013 JAKARTA,FAJAR - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)...

Rabu, 15 Mei 2013 JAKARTA, FAJAR -- PT PLN (Persero) menyebutkan, pemakaian...

Selasa, 14 Mei 2013 JAKARTA,FAJAR - Ketua DPR, Marzuki Alie menyatakan kenaikan...

Selasa, 14 Mei 2013 JAKARTA, FAJAR -- Pemerintah menugaskan Perum Badan Urusan...

Hiburan

Rabu, 15 Mei 2013 JAKARTA,FAJAR - Ashanty akan memulai perjalanan karirnya...

Rabu, 15 Mei 2013 JAKARTA,FAJAR – Rachel Maryam geram. Akun...

Rabu, 15 Mei 2013 BEBERAPA waktu lalu, publik sempat yakin bahwa Justin...

Selasa, 14 Mei 2013 JAKARTA -- Aktris seksi, Kiki Amalia benar-benar terpukul...

Internasional

Rabu, 15 Mei 2013 DAMASKUS,FAJAR – Lebih dari dua tahun...

Selasa, 14 Mei 2013 ROSELLA, FAJAR -- Seorang pria Chicago ditahan kepolisian...

Selasa, 14 Mei 2013 SEOUL,FAJAR - Keputusan mengejutkan muncul dari rezim Kim...

Senin, 13 Mei 2013 PARIS,FAJAR - Seorang turis Perancis yang baru saja kembali...