Home » Ekonomi dan Bisnis » Property

Minggu, 29 Mei 2011 | 00:59:03 WITA | 2760 HITS
Ruang Tamu Bergaya Minimalis

RUANG tamu merupakan bagian yang cukup penting dalam sebuah rumah. Kondisi ruang tamu mencerminkan wajah, gaya, dan karakter penghuni rumah sehingga harus ditata secara cantik, bersih, dan berselera tinggi. Bentuk bangunan rumah perlu menjadi pertimbangan dalam melakukan penataan.
Rumah minimalis tentu mensyaratkan penataan ruang tamu yang minimalis. Agar ruang tamu yang minimalis tetap dapat tampil cantik dan menawan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat melakukan penataan. Di antaranya pemilihan warna, perabot, aksesori pendukung, modifikasi dan optimalisasi dinding, perlu tidaknya pembatas ruang, serta sistem pencahayaan merupakan perihal yang akan dipertimbangkan. Pilihan dan perpaduan nuansa warna akan menghadirkan suasana ruang tamu yang berbeda-beda.
Gradasi warna terang seperti kuning, oranye, merah dapat membuat ruang tamu meriah, hangat, dan akrab. Penggunaan gradasi warna lembut yakni hijau, biru, dan ungu akan menghadirkan suasana tenang, sejuk, intim, atau romantis.
Warna netral juga dapat dipilih sebagai warna dasar penyusun ruang, perabot, dan elemen dekorasi lainnya Karena sifatnya yang lebih abadi dan tidak bergantung pada tren.
Ruang tamu juga dapat menggunakan gradasi warna bumi seperti warna coklat tanah, merah bata/terakota, biru air, hijau daun, abu-abu pasir, koral, batu yang akan membawa tamu serasa di tengah-tengah alam.
Pemilihan perabotan ruang tamu minimalis harus memperhatikan luas ruang tamu yang tersedia dan fungsi ruang. Pemilihan perabot ruang tamu yang tepat, dapat membuat ruang terasa lega dan lapang. Perabotan rumah sebaiknya mengikuti bentuk dasar geometris bangunan sehingga kursi, sofa, meja, dan lemari berbentuk segi empat polos tanpa ornamen profil ukiran.
Perabotan sofa dari kulit dan metal dengan warna gelap serta meja kaca segi empat menghiasi ruang tamu. Secara keseluruhan, ruangan diisi dengan perabotan yang sangat efisien dan fungsional saja.
Ruang tamu minimalis mensyaratkan pemakaian perabot yang lebih praktis dan bergaya futuristik. Perabotan sofa kain/kulit, meja kaca, dan kursi metal, berwarna terang atau netral banyak dipilih pada ruang tamu ini.
Untuk memperkuat kesan ruang tamu dinding ruang tamu juga dapat dimodifikasi. Teknik pengecatan dengan gradasi warna yang senada tanpa perlu banyak lukisan, foto, atau pernak-pernik dinding lainnya dapat mempekuat kesan ruang tamu.
Selain itu sistem pencahayaan ruang tamu minimalis juga perlu diperhatikan. Penataan cahaya lampu yang cermat dan berseni dapat membuat ruang tamu minimalis tampak lebih artistik di malam hari.
Pemilihan jenis lampu dan penataan pencahayaan yang tepat dapat dihadirkan efek cahaya yang bisa meningkatkan kualitas keindahan dan menghadirkan suasana ruang tamu yang diinginkan.
Pengaturan cahaya ruang tamu dapat dibuat merata menerangi keseluruhan ruangan atau hanya fokus pada kursi, sofa, dan meja. Pencahayaan merata berfungsi menerangi ruangan saat menerima tamu, sedangkan pencahayaan setempat dinyalakan saat ruang tamu kosong.
Bias cahaya lampu dapat memberi aksen estetis pada dinding dan keseluruhan ruang. Cahaya dapat berasal dari lampu duduk, lampu berdiri, lampu sorot (downlight), atau lampu gantung.
Ruang tamu akan lebih terasa alami dan hidup dengan kehadiran pot pot tanaman atau akuarium cantik. Peletakan dan pemilihan jenis tanaman harus disesuaikan dengan tema dan konsep ruangan.
Tanaman yang digunakan dapat berupa tanaman berbunga dengan warna mahkota seragam dan tidak berwarna warni, berdaun indah, daun dan ranting tidak lebat, serta tidak banyak jenis. Pot bunga yang cantik di atas meja dapat menjadi aksen ruang tamu yang indah.
Penggunaan pembatas ruang tamu dengan ruang lainnya sangat bergantung pada luas ruang yang tersedia. Keterbatasan lahan dan perubahan gaya hidup, ruang tamu dapat digabungkan menjadi ruang keluarga, dengan fungsi tetap sebagai ruang penerima tamu.
Namun, jika ingin privasi, ruang tamu masih dapat menggunakan pembatas dari partisi, lemari rendah, atau dinding berlubang. Nah, mulailah menata ruang tamu Anda dengan cermat. (bs/berbagai sumber) 

  Comment on Facebook  

Redaksi: redaksi[at]fajar.co.id
Informasi Pemasangan Iklan
Hubungi Mustafa Kufung di mus[at]fajar.co.id
Telepon 0411-441441 (ext. 1437).
 

Nasional

Rabu, 15 Mei 2013 JAKARTA, FMC -- Lelaki ini merasa gelisah. Ia pun menulis...

Rabu, 15 Mei 2013 JAKARTA,FAJAR - Wakil Ketua Badan Kehormatan (BK) DPR,...

Rabu, 15 Mei 2013 JAKARTA,FAJAR - Langkah Menteri pendidikan dan kebudayaan...

Rabu, 15 Mei 2013 JAKARTA,FAJAR - Wakil Ketua MPR, Hajriyanto Y Thohari...

Politik

Rabu, 15 Mei 2013 MAKASSAR,FAJAR -- Bakal calon bupati Sidrap, Rusdi Masse...

Rabu, 15 Mei 2013 SENGKANG,FAJAR -- Setelah resmi mendapat rekomendasi dari...

Rabu, 15 Mei 2013 JAKARTA,FAJAR - Meski telah mengundurkan diri sebagai...

Rabu, 15 Mei 2013 JAKARTA,FAJAR - Komisi II DPR dalam masa kerja periode...

Hukum

Rabu, 15 Mei 2013 JAKARTA,FAJAR - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akhirnya...

Rabu, 15 Mei 2013 JAKARTA,FAJAR - Pusat Pelaporan Analisis dan Transaksi...

Rabu, 15 Mei 2013 JAKARTA,FAJAR - Ketua Komisi Yudisial (KY), Eman Suparman...

Rabu, 15 Mei 2013 MALANG,FAJAR -- Wajah dunia pendidikan di Malang tercoreng....

Ekonomi

Rabu, 15 Mei 2013 JAKARTA,FAJAR - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)...

Rabu, 15 Mei 2013 JAKARTA, FAJAR -- PT PLN (Persero) menyebutkan, pemakaian...

Selasa, 14 Mei 2013 JAKARTA,FAJAR - Ketua DPR, Marzuki Alie menyatakan kenaikan...

Selasa, 14 Mei 2013 JAKARTA, FAJAR -- Pemerintah menugaskan Perum Badan Urusan...

Hiburan

Rabu, 15 Mei 2013 JAKARTA,FAJAR - Ashanty akan memulai perjalanan karirnya...

Rabu, 15 Mei 2013 JAKARTA,FAJAR – Rachel Maryam geram. Akun...

Rabu, 15 Mei 2013 BEBERAPA waktu lalu, publik sempat yakin bahwa Justin...

Selasa, 14 Mei 2013 JAKARTA -- Aktris seksi, Kiki Amalia benar-benar terpukul...

Internasional

Rabu, 15 Mei 2013 DAMASKUS,FAJAR – Lebih dari dua tahun...

Selasa, 14 Mei 2013 ROSELLA, FAJAR -- Seorang pria Chicago ditahan kepolisian...

Selasa, 14 Mei 2013 SEOUL,FAJAR - Keputusan mengejutkan muncul dari rezim Kim...

Senin, 13 Mei 2013 PARIS,FAJAR - Seorang turis Perancis yang baru saja kembali...