Home » Feature » Seni dan Budaya

Sabtu, 06 Agustus 2011 | 09:54:55 WITA | 1169 HITS
Berburu Pahala Masjid Agung Sunda Kelapa

JAKARTA -- sejak hari pertama Bulan Suci Ramadhan, Mesjid Agung Sunda Kelapa sudah dijejali jamaah yang ingin datang beribadah, keceriaan jamaah berburu pahala di mesjid yang punya catatan sejarah ini nampaknya berbanding lurus dengan keceriaan pedagang kaki lima yang berjualan disekitar masjid. Tidak hanya itu, meningkatnya jamaah yang datang juga membawa kebahagian tersendiri bagi para juru parkir yang bertugas mengatur kendaraan disekitar Masjid. Bulan Suci Ramadhan memang membawa manfaat yang luar bisa dari apa yang telah dijanjikan Allah SWT.
Untuk Ramadhan tahun ini 1432 Hijriah, pengelola Mesjid Agung Sunda Kelapa benar-benar memberikan'ruang' yang besar untuk jamaah yang ingin mengingkatkan ibadahnya dengan mendulang pahala yang lebih besar disetiap waktu di mesjid ini,  yakni dimulainya pelaksanaan shalat tarawih dua puluh rakaat dan diakhir shalat witir tiga rakaat. Ditahun-tahun sebelumnya, shalat tarawih hanya dilaksanakan sebanyak delapan rakaat saja dan ditutup dengan witir tiga rakaat.
Bertambahnya jumlah rakaat ini kata Ketua Mesjid Agung Sunda Kelapa Aksa Mahmud semata-mata dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas ibadah kepada Allah SWT bagi para jamaah di Bulan Suci."Kita tidak ingin menyia-yiakan waktu dibulan suci ini, alangkah ruginya jika dalam bulan suci ini kita tidak tingkatkan kualitas ibadah kita, apalagi dengan hanya delapan rakaat saja ," ujarnya saat menyampaikan sambutannya di hari pertama pelaksanaan Shalat Tarawih.
Sebagai rangkaian peningkatan kualitas ibadah, selama pelaksanaan ibadah shalat tarawih, pihaknya mendatangkan imam shalat dari Madinah."Jadi selama bulan Ramadhan, sholat tarawih akan diimami oleh Syekh Muhammad Ali Jabbir dari Madinah" tuturnya pria asal Sulsel ini.
Syekh Muhammad Ali Jabbir  merupakan imam dari Masjid Nabawi, yang tidak lain adalah adik dari Imam tarawih tahun lalu, Syekh Ali Jabbir.
Keputusan pelaksanaan shalat tarawih sebanyak 20 rakaat itu, juga berdasarkan hasil keputusan dewan pakar Mesjid Agung Sunda Kelapa, yang memutuskan program-program yang akan dilaksanakan oleh Mesjid Agung Sunda Kelapa.
Tidak hanya itu, selama puasa Mesjid yang dibangun pasca meletusnya peristiwa G30S/PKI, panitia pelaksana penyelenggaraan ibadah Bulan Suci Ramadhan mulai tahun ini menyiapkan makanan  sahur bagi jamaah yang bermalam dan beribadah malam di Mesjid Agung Sunda Kelapa, selain hidangan berbuka puasa yang selama ini rutin dilakukan setiap tahun. 
Tak kurang dari seribu lebih nasi kotak terbagi habis kepada jamaah yang datang, baik pada saat berbuka maupun pada saat sahur. Makanan berbuka puasa dan sahur yang disediakan umumnya datang dari penyumbang yang juga ingin berburu pahala. Karena pahala memberikan buka puasa kepada orang yang berpuasa amalnya sama.      
Kegiatan rutin ramadhan yang juga telah digelar pada tahun-tahun lalu adalah taddarus Al Quran, yang dimulai pada pukul 16.30 hingga menjelang berbuka puasa dan dilanjutkan menjelang shalat subuh.
Sejak dimulainya tadarrus Al Quran pada sore hari, ratusan jamaah yang mengikutinya terlihat larut dalam suasana khusyu. Lantunan suara merdu dari imam yang membacakan ayat suci Al Quran dengan didukung sound sistem dan layar LCD yang menampilkan kalimat-kalimat suci Al Quran, telah menambah semangat bagi sejumlah jamaah untuk tetap berada di Masjid beribadah sambil menunggu datangnya waktu shalat Isya.       
Iman shalat tarawih Syekh Muhammad Ali Jabbir juga menyempatkan waktunya mengajarkan taddarus kepada para jamaah yang datang.
Penyelenggaraan ibadah di bulan suci kali ini di Mesjid Agung Sunda Kelapa kata salah seorang pengurus remaja mesjid Ibnu memang sedikit berbeda dari tahun sebelumnya, tahun ini Mesjid Agung Sunda Kelapa meningkatkan program ramadhannya untuk para jamaah yang datang beribadah.  Ia sendiri telah lebih dari sepuluh tahun menjadi anggota remaja Mesjid Agung Sunda Kelapa.     
Selain program rutin, juga dilakukan program non rutin yang dikemas dalam acara parade ramadhan dan pesantren ramadhan, beberapa kegiatan dalam parade ramadhan yang akan diselenggarakan yakni  berupa lomba Hifdzil Qur’an, Fahmil Qur’an. Parade Ramadhan yang diselenggaraan untuk umum ini oleh panitia mesjid menyediakan hadiah hingga 100 juta rupiah. Sedangkan khusus untuk Pesantren Ramadhan ditujukan untuk anak-anak. (fmc)

  Comment on Facebook  

Redaksi: redaksi[at]fajar.co.id
Informasi Pemasangan Iklan
Hubungi Mustafa Kufung di mus[at]fajar.co.id
Telepon 0411-441441 (ext. 1437).
 

Nasional

Rabu, 15 Mei 2013 JAKARTA, FMC -- Lelaki ini merasa gelisah. Ia pun menulis...

Rabu, 15 Mei 2013 JAKARTA,FAJAR - Wakil Ketua Badan Kehormatan (BK) DPR,...

Rabu, 15 Mei 2013 JAKARTA,FAJAR - Langkah Menteri pendidikan dan kebudayaan...

Rabu, 15 Mei 2013 JAKARTA,FAJAR - Wakil Ketua MPR, Hajriyanto Y Thohari...

Politik

Rabu, 15 Mei 2013 MAKASSAR,FAJAR -- Bakal calon bupati Sidrap, Rusdi Masse...

Rabu, 15 Mei 2013 SENGKANG,FAJAR -- Setelah resmi mendapat rekomendasi dari...

Rabu, 15 Mei 2013 JAKARTA,FAJAR - Meski telah mengundurkan diri sebagai...

Rabu, 15 Mei 2013 JAKARTA,FAJAR - Komisi II DPR dalam masa kerja periode...

Hukum

Rabu, 15 Mei 2013 JAKARTA,FAJAR - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akhirnya...

Rabu, 15 Mei 2013 JAKARTA,FAJAR - Pusat Pelaporan Analisis dan Transaksi...

Rabu, 15 Mei 2013 JAKARTA,FAJAR - Ketua Komisi Yudisial (KY), Eman Suparman...

Rabu, 15 Mei 2013 MALANG,FAJAR -- Wajah dunia pendidikan di Malang tercoreng....

Ekonomi

Rabu, 15 Mei 2013 JAKARTA,FAJAR - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)...

Rabu, 15 Mei 2013 JAKARTA, FAJAR -- PT PLN (Persero) menyebutkan, pemakaian...

Selasa, 14 Mei 2013 JAKARTA,FAJAR - Ketua DPR, Marzuki Alie menyatakan kenaikan...

Selasa, 14 Mei 2013 JAKARTA, FAJAR -- Pemerintah menugaskan Perum Badan Urusan...

Hiburan

Rabu, 15 Mei 2013 JAKARTA,FAJAR - Ashanty akan memulai perjalanan karirnya...

Rabu, 15 Mei 2013 JAKARTA,FAJAR – Rachel Maryam geram. Akun...

Rabu, 15 Mei 2013 BEBERAPA waktu lalu, publik sempat yakin bahwa Justin...

Selasa, 14 Mei 2013 JAKARTA -- Aktris seksi, Kiki Amalia benar-benar terpukul...

Internasional

Rabu, 15 Mei 2013 DAMASKUS,FAJAR – Lebih dari dua tahun...

Selasa, 14 Mei 2013 ROSELLA, FAJAR -- Seorang pria Chicago ditahan kepolisian...

Selasa, 14 Mei 2013 SEOUL,FAJAR - Keputusan mengejutkan muncul dari rezim Kim...

Senin, 13 Mei 2013 PARIS,FAJAR - Seorang turis Perancis yang baru saja kembali...