Home » Makassar Hari Ini » Yang Lain

Jumat, 19 Agustus 2011 | 21:42:28 WITA | 749 HITS
Dari Open Ship KRI Teluk Mandar-514
Motivasi Siswa Jadi Perwira Angkatan Laut
SORAK sorai suara puluhan siswa terdengar di atas Kapal perang Indonesia (KRI) Teluk Mandar-514, menggema memecah laut. Mereka sedang menirukan instruksi komandan kadek. Di bawah tenda yang sengaja diletakkan di hanggar kapal, puluhan siswa tersebut berdi

Sri S Syam
Makassar

Usai mendengarkan arahan, para kadek dan awak kapal selanjutnya mengantar para siswa melihat-lihat setiap sisi kapal perang jenis pendarat Landing Ship Tank (LST) kelas Takoma ini. Sebelumnya, siswa di bagi berdasarkan asal sekolah. Mereka bergantian melihat kapal seperti kunjungan sederhana. SMK Pancamarga mendapat bagian selatan kapal, sementara SMA Hang Tuah dan SMK 3 punya kesempatan awal melihat bagian utara kapal.
Hari pertama open ship, KRI Teluk Mandar-541, Kamis, 18 Agustus langsung kedatangan pengunjung yang berasal dari SMK 3 Makassar, SMK Pancamarga dan SMA Hang Tuah. Sembari melihat-lihat, beberapa kadek mengikuti rombongan. Mereka memperlihatkan peralatan yang ada di atas kapal. Mereka menjelaskan fungsi dan tujuan peralatan tersebut. Siswa yang antusias terlihat mencari tahu setiap benda asing dan dilihatnya.
Tali tambang besar yang tergulung di atas lantai menjadi pemandangan yang cukup menyita perhatian para siswa. Mereka mempertanyakan fungsi tali tambang tersebut. Dengan ramah, selanjutnya kadek yang mendampingi menjelaskan fungsi tali tambang. Ia juga memberitahu panjang dan cara mempergunakannya. Tali tambang berguna saat kapal akan merapat di sebuah dermaga.
Kunjungan berlangsung hampir satu jam dimulai pukul 13.00 wita. Walau terpanggang di bawah terik matahari, para siswa tidak tampak kelelahan. Bahkan mereka sangat bersemangat merasakan suasana di atas kapal perang. Guru serta pembina yang mendampingi mereka ikut berjalan-jalan bersama siswa.
Iqbal, Alumni SMK Pancamarga, sengaja ikut dalam kunjungan ini karena penasaran. Dia ingin melihat-lihat isi kapal perang. Ia juga mengatakan sudah sejak lama memimpikan naik kapal perang Indonesia. Baginya berada di atas kapal perang modern adalah hal yang sangat membanggakan.
"Kebetulan saya sudah alumni, tetapi saat mendengar open ship ini dibuka untuk umum, makanya saya datang ke sini, apalagi sekolah kami juga diundang, maka sangat pas. Saya cukup tertarik dengan dunia kebaharian, tetapi saya belum bercita-cita menjadi seorang angkatan laut," kata alumni tahun 2011 ini sembari tersenyum.
Tak jauh berbeda, siswa kelas 3 SMA Hangtuah Makassar, Rania Imasari juga mengaku senang dengan kunjungan di KRI Teluk Mandar-514 di pelabuhan. Bersama teman-temannya Rani berkeliling hampir di setiap sisi kapal.
"Tadi kami sudah keliling, dimulai dari melihat-lihat di atas dek kapal, geladak, buritan dan haluan hingga anjungan kapal. Senang sebab kadeknya menjelaskan bagian-bagian kepal tersabut. Mereka juga ramah. Saya menjadi sedikit tahu tentang kapal perang, mudah-mudahan saya bisa menjadi perwira TNI AL atau paling tidak menjadi nyonya perwira angkatan laut," canda gadis manis ini.
Wahyuddin Rahim, Wakil Kepala Sekolah SMA Pancamarga Makassar menjelaskan kunjungan sekolahnya tersebut untuk memberi pengetahuan tentang dunia kebaharian Indonesia kepada para siswanya. "Ini merupakan sarana pembelajaran yang baik guna memperkenalkan dunia kebaharian kepada para siswa. Apalagi sekolah kami mengarak kepada dunia kemiliteran, jadi terasa pas dengan kunjungan ini. Kami berharap siswa-siswi kami dapat termotivasi untuk menjadi seorang perwira angkatan laut," ucapnya.
Kadispen Lantamal VI Mayor Laut (S) Imam Danu Pranoto kepada FAJAR mengatakan kunjungan 102 kadet di atas KRI Teluk Mandar-514 tersebut selain sebagai sarana latihan praktik juga sekaligus sebagai media promosi di daerah-daerah yang disinggahi. Masyarakat kota Makassar yang ingin berkunjung ke KRI Teluk Mandar-514 dan mengenal lebih jauh tentang alatsista TNI AL tersebut, dapat langsung ke Markas Komado Lantamal VI. Open ship tersebut akan dibuka mulai pukul 12.00 wita, 18 dan 19 Agustus.
"Kami menerima kunjungan masyarakat yang ingin melihat dan naik di atas kapal perang KRI Teluk Mandar-514. Kunjungan tersebut dibuka untuk umum, gratis," tambahnya.
Sementara itu, menyambut hari raya Idulfitri, Lantamal VI akan menggelar Pasar Murah yang dibuka untuk umum. Masyarakat yang ingin berpartisipasi dengan menggelar stand dibolehkan tanpa dipungun biaya sepeserpun. Masyarakat juga akan dimeriahkan dengan penampilan band jebolan Soldier Fiesta Fajar TV, Matros dan Barungu Band. (*)  

  Comment on Facebook  

Redaksi: redaksi[at]fajar.co.id
Informasi Pemasangan Iklan
Hubungi Mustafa Kufung di mus[at]fajar.co.id
Telepon 0411-441441 (ext. 1437).
 

Nasional

Rabu, 15 Mei 2013 JAKARTA, FMC -- Lelaki ini merasa gelisah. Ia pun menulis...

Rabu, 15 Mei 2013 JAKARTA,FAJAR - Wakil Ketua Badan Kehormatan (BK) DPR,...

Rabu, 15 Mei 2013 JAKARTA,FAJAR - Langkah Menteri pendidikan dan kebudayaan...

Rabu, 15 Mei 2013 JAKARTA,FAJAR - Wakil Ketua MPR, Hajriyanto Y Thohari...

Politik

Rabu, 15 Mei 2013 MAKASSAR,FAJAR -- Bakal calon bupati Sidrap, Rusdi Masse...

Rabu, 15 Mei 2013 SENGKANG,FAJAR -- Setelah resmi mendapat rekomendasi dari...

Rabu, 15 Mei 2013 JAKARTA,FAJAR - Meski telah mengundurkan diri sebagai...

Rabu, 15 Mei 2013 JAKARTA,FAJAR - Komisi II DPR dalam masa kerja periode...

Hukum

Rabu, 15 Mei 2013 JAKARTA,FAJAR - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akhirnya...

Rabu, 15 Mei 2013 JAKARTA,FAJAR - Pusat Pelaporan Analisis dan Transaksi...

Rabu, 15 Mei 2013 JAKARTA,FAJAR - Ketua Komisi Yudisial (KY), Eman Suparman...

Rabu, 15 Mei 2013 MALANG,FAJAR -- Wajah dunia pendidikan di Malang tercoreng....

Ekonomi

Rabu, 15 Mei 2013 JAKARTA,FAJAR - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)...

Rabu, 15 Mei 2013 JAKARTA, FAJAR -- PT PLN (Persero) menyebutkan, pemakaian...

Selasa, 14 Mei 2013 JAKARTA,FAJAR - Ketua DPR, Marzuki Alie menyatakan kenaikan...

Selasa, 14 Mei 2013 JAKARTA, FAJAR -- Pemerintah menugaskan Perum Badan Urusan...

Hiburan

Rabu, 15 Mei 2013 JAKARTA,FAJAR - Ashanty akan memulai perjalanan karirnya...

Rabu, 15 Mei 2013 JAKARTA,FAJAR – Rachel Maryam geram. Akun...

Rabu, 15 Mei 2013 BEBERAPA waktu lalu, publik sempat yakin bahwa Justin...

Selasa, 14 Mei 2013 JAKARTA -- Aktris seksi, Kiki Amalia benar-benar terpukul...

Internasional

Rabu, 15 Mei 2013 DAMASKUS,FAJAR – Lebih dari dua tahun...

Selasa, 14 Mei 2013 ROSELLA, FAJAR -- Seorang pria Chicago ditahan kepolisian...

Selasa, 14 Mei 2013 SEOUL,FAJAR - Keputusan mengejutkan muncul dari rezim Kim...

Senin, 13 Mei 2013 PARIS,FAJAR - Seorang turis Perancis yang baru saja kembali...